Browse By

telur untuk pendamping ramen

Telur dengan kuning telur yang seperti jelly yang biasa ditemui saat mengkonsumsi ramen ternyata memiliki metode khusus pada pembuatannya. Rupanya selain dari waktu pemasakan yang terukur, telur ini direndam dalam saus selama 3 jam atau semalaman. Hal ini dilakukan agar memperoleh telur dengan kuning telur yang lembut dan juga memiliki rasa yang lezat. Resep telur ini bisa menjadi salah satu variasi dalam mengolah telur di dapur kita. Tidak ada salahnya belajar dari Jepang sedikit tentang mengolah telur untuk pendamping ramen ini.

BAHAN-BAHAN YANG DIGUNAKAN  MEMBUAT TELUR UNTUK PENDAMPING RAMEN

Egg
Bahan utama yang dibutuhkan tentu saja telur. Ingat untuk menggunakan telur pada suhu ruang, jangan menggunakan telur yang baru dikeluarkan dari lemari pendingin. Jika semua telur anda ada di lemari pendingin, keluarkan dan biarkan dahulu di suhu ruang selama 2-3 jam, baru kemudian digunakan. Hal ini penting karena suhu telur mempengaruhi proses pematangan telur saat dimasak. Timing pemasakan telur dalam resep ini adalah hal krusial jadi jangan abaikan hal ini.

Selain dari telur kita membutuhkan air dan cuka. Air yang digunakan adalah sampai permukaan air menutupi telur. Sedangkan cuka yang digunakan cukup 2 atau 3 sendok makan. Penambahan cuka ke dalam air untuk merebus telur ini akan membantu mengupas kulit telur. Karena bahan pembentuk kulit telur salah satunya adalah kalsium karbonat yang akan terurai dengan penambahan zat asam seperti cuka. Hal ini yang mebuat kulit lebih mudah dikupas

Selain ketiga bahan diatas kita juga membutuhkan air yang dingin dengan es batu untuk merendam telur setelah direbus.

Bahan-bahan di atas tadi yang dibutuhkan untuk membuat softboiled egg, tetapi untuk membuat softboiled egg menjadi telur ramen kita harus merendamnya dalam saus.

Bahan untuk saus rendaman (marinate) telur adalah :

100 ml air

50 ml cuka

50 ml kecap asin

2 sendok makan gula

1 siung bawang putih digeprek

1 ruas jahe digeprek

CARA MEMBUAT TELUR UNTUK PENDAMPING RAMEN

Untuk membuat pendamping ramen ini dimulai dengan merebus telur. Sebelum telur direbus buat lubang dibagian bawah telur yang tumpul (bagian yang terdapat kantong udara) dengan paku payung. Hal ini dilakukan supaya telur tidak mudah pecah saat direbus.

Berikut ini langkah pembuatan resep telur ini :

Pertama, panaskan air yang akan digunakan merebus telur sampai mendidih.

Kedua, setelah mendidih kecilkan api, tetapi upayakan api yang dikecilkan suhunya cukup untuk menjaga air tetap mendidih.

Ketiga, masukkan cuka dan aduk, kemudian masukkan telur, dan masak 6 menit. Gunakan timer karena timing sangat penting dalam resep ini.

Keempat, setelah enam menit angkat telur dan masukkan dalam air es dan biarkan selama 5 sampai 10 menit sebelum dikupas.Ice bath for softboiled egg

Kelima, siapkan saus rendaman dengan merebus bahan-bahan pembuat saus selama beberapa saat sampai saus mendidih, kemudian dinginkan.

Keenam, masukkan telur yang sudah berhasil dikupas dalam saus rendaman dan simpan di lemari pendingin 2 jam atau semalaman.

Pada resep ini saya mengunakan tiga telur, tetapi anda boleh menggunakan lebih banyak telur. Cukup dengan mengganti wadah untuk merendam dengan saus dengan yang lebih besar atau mengantinya dengan plastik es supaya bisa merendam semua telur, tidak perlu menambah jumlah saus. Hanya upayakan saus merendam seluruh bagian telur rebus yang sudah dikupas.

Telur siap dihidangkan setelah perendaman.Mi goreng dengan telur pendamping ramen

Jika akan mengunakan untuk mi atau ramen berkuah maka cukup masukkan saja telur dalam kuah ramen untuk menghangatkannya. Tetapi jika untuk mendampingi mi goreng dan sejenisnya bisa dihangatkan dulu dalam microwave atau direbus sebentar untuk menghangatkan saja. Berikut ini link ke resep mi beras dengan kuah miso yang sepertinya cocok ditambahkan telur ini.

Sekian tadi resep telur pendamping ramen dari makan tidur gadget, semoga bermanfaat.

Summary
recipe image
Recipe Name
telur untuk pendamping ramen ajitsuke tamago
Published On
Preparation Time
Cook Time
Total Time
Andre ,

Andre ,

Orang yang sedikit nyentrik
Menyukai kuliner dan peduli dengan kandungan gizi makanan
Andre ,
%d blogger menyukai ini: