Browse By

Buritto roti tortilla isi daging ala Mexico

Makanan Mexico mungkin masih asing buat orang Indonesia. Ini salah satu yang ingin saya perkenalkan buritto roti tortilla isi daging ala Mexico. Sebelum ini ada satu resep yaitu guacamole yang berasal dari Mexico. Roti tortilla yang digunakan biasanya cukup lebar, yang digunakan pada resep ini memiliki diameter 20 cm. Roti tortilla aslinya dibuat dari tepung jagung, tetapi yang biasa dijual di bagian makanan beku supermarket biasanya dibuat dari terigu. Untuk mudahnya memang lebih praktis dengan membeli yang sudah jadi di supermarket. Berikut ini link cara membuat tortilla jagung dan tortilla terigu jika ingin membuat sendiri.

BAHAN-BAHAN MEMBUAT BURITTO ROTI TORTILLA ISI DAGING ALA MEXICO

Tortilla dengan daging, keju, telur dadar, mantang ungu, dan nasi untuk membuat buritto
Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat buritto adalah :

6 buah roti tortilla (diameter 20cm) yang sudah dipanggang sebentar di atas wajan supaya agak lemas untuk digulung nantinya.

tumisan daging untuk isian dengan bahan-bahan sebagai berikut :

100 g daging sapi

1/2 bawang bombay dicincang halus

1 buah tomat ukuran sedang dicincang kasar

1/2 sendok makan cabe bubuk

1 buah cabe rawit cincang kasar ( boleh ditambah jika suka pedas)

1  sendok teh paprika bubuk

1 sendok teh bawang bombay bubuk

1/2 sendok teh jinten bubuk

1/2 jeruk nipis diperas airnya saja

1/2 sendok makan garam

merica secukupnya

Kesemua bahan diatas ditumis dan menjadi daging ala bumbu Mexico yang akan menjadi salah satu bahan isian utama.

Selain tumisan daging bahan lain adalah:

1 buah telur didadar dan kemudian dipotong-potong

50 g keju mozarella diparut ( boleh lebih jika suka keju)

1/4 alpukat dipotong-potong dadu

1 buah mantang atau kentang yang sudah direbus dan dipotong-potong untuk sumber karbohidrat, bisa juga diganti atau ditambahkan nasi beberapa sendok. Jumlah penambahan mantang dan atau nasi jangan terlalu banyak.

CARA MEMBUAT BURITTO ROTI TORTILLA ISI DAGING ALA MEXICO

Langkah-langkah pembuatan buritto, adalah :

Pertama, siapkan roti tortilla dengan memanggangnya diatas kompor dengan wajan tanpa menggunakan minyak. Kita panaskan sebentar saja sampai bagian dari tortilla mulai menggelembung dan tampak sedikit kecoklatan di bagian bawahnya. Kemudian taruh tortila yang sudah dipanggang itu dalam wadah yang di atasnya ditaruh kain agar tidak cepat mengering.

Kedua, kita tumis bawang bombay yang sudah dicincang halus sampai menjadi trasparan. Kemudian masukkan daging dan tumis sampai matang, setelah itu masukkan semua bahan dan bumbu lain untuk tumisan daging dan tumis beberapa menit.

Ketiga, kita susun tumisan daging dan bahan isian lainnya (telur, mantang, alpukat, dan parutan keju) disatu sisi roti tortilla kemudian gulung seperti menggulung lumpia. Hnaya saja ukuran buritto biasa dibuat lebih besar dari lumpia, tetapi anda boleh membuat ukuran sesuai keinginan.

Keempat, panggang roti yang sudah tergulung rapi dalam oven atau di atas kompor menggunakan wajan selama beberapa menit saja sampai buritto menjadi agak kecoklatan. Jika menggunakan oven waktunya sekitar 10 menit pada suhu 200 derajat celsius.

Setelah dipanggang maka tortilla siap dihidangkan sebagai hidangan yang cukup lengkap untuk makan siang atau makan malan. Tortilla ini enak disajikan dengan sambal botolan.

Sekian tadi resep buritto dari kami semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Terima kasih.

Summary
recipe image
Recipe Name
buritto roti tortilla isi daging ala Mexico
Published On
Preparation Time
Cook Time
Total Time
Andre ,

Andre ,

Orang yang sedikit nyentrik
Menyukai kuliner dan peduli dengan kandungan gizi makanan
Andre ,
%d blogger menyukai ini: