Browse By

sayap ayam bersalut sambal madu

Salah satu makanan mudah untuk dibuat dengan jumlah persiapan yang sedikit, resep ini bisa menjadi salah satu pilihan menu anda. Anda mungkin sudah pernah merasakan sayap ayam gurih di restoran cepat saji. Resep ini terinspirasi dari sana. Tetapi pada resep ini kami memprosesnya dengan dipanggang (bisa juga digoreng bagi yang tidak punya oven). Resep sayap ayam bersalut sambal madu ini tergolong sederhana dan saya yakin semua orang bisa membuat resep ini tanpa kesulitan.

BAHAN-BAHAN UNTUK MEMBUAT SAYAP AYAM BERSALUT SAMBAL MADU

Bumbu tepung untuk sayap ayamSaus sambal, madu, dan kecap
Bahan utama yang dibutuhkan adalah sayap ayam, anda bisa memperolehnya di bagian makanana beku di supermarket atau di tukang ayam di pasar. Harga tidak terlau mahal.

12 potongan atas dan atau bawah dari sayap ayam

Untuk tepung bumbunya :

50 g tepung terigu

1/4 sendok makan cabe bubuk

1/4 sendok makan bubuk paprika

1/4 sendok makan bawang bombay bubuk

1/4 sendok makan merica

1/4 sendok makan garam

Untuk sambalnya :

2 sendok makan sambal lampung atau sambal botolan lain

1 sendok makan madu

1 sendok makan kecap manis

CARA MEMBUAT SAYAP AYAM BERSALUT SAMBAL MADU

Langkah-langkah yang diperlukan untuk membuat masakan sayap ayam ini adalah sebagai berikut :

Pertama salut potongan sayap ayam dengan tepung bumbu yang sudah diaduk secara merata, pastikan seluruh permukaan ayam tertutup tepung bumbu.

Kedua, siapkan loyang dan olesi dengansedikit minyak di permukaan loyang.  Susun ayam yang sudah dibumbui diatas loyang.

Ketiga, panggang ayam 30 menit pada suhu 220  derajat celsius, balik ayam setelah 15 menit (pada pertengahan waktu memanggang) kemudian lanjutkan lagi memanggang. Perlu diperhatikan bahwa setiap oven terkadang berbeda kekuatannya walau suhu yang tertera sama, jadi pada saat memanggang pertama kali perhatikan jika pengaturan ini sesuai atau tida pada oven anda. Jika tidak sesuai tambahkan atau kurangi waktu pemanggangan seuai dengan oven anda. Perhatikan jangan sampai ayam gosong.

Keempat, kemudian setelah 30 dipanggang, panggang  kedua kali pada suhu sama selama 5 menit setelah dilumuri kombinasi saus sambal dan madu.

Setelah pemanggangan kedua ayam siap disajikan.

Jika tidak memiliki oven ini alternatif pengolahannya. Setelah anda melumuri dengan tepung bumbu, anda boleh menggorengnya pada sampai kuning kecoklatan. Ingat untuk menggorengnya setelah minyak panas baru masukkan ayam. Setelah ayam kuning kecoklatan tiriskan ayam. Siapkan panci berbeda dengan saus yang sudah disiapkan dan campur ayam yang sudah digoreng dengan saus sambil dipanaskan 2-3 menit dan ayam siap disajikan.

Berikut ini link resep lain yang menggunakan daging ayam yang pernah kami posting.

Sekian tadi salah satu cara memasak sayap ayam yang sederhana, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Summary
recipe image
Recipe Name
sayap ayam bersalut sambal madu
Published On
Preparation Time
Cook Time
Total Time
Andre ,

Andre ,

Orang yang sedikit nyentrik
Menyukai kuliner dan peduli dengan kandungan gizi makanan
Andre ,
%d blogger menyukai ini: