Browse By

Buah ketupa atau buah menteng

Buah ketupa atau buah menteng adalah buah yang sudah jarang ditemui di pasar. Buah ini berbentuk bulat kecil seperti duku tetapi kulitnya lebih tebal dan bagian bijinya berwarna ungu. Buah ini memang jarang ditemui karena jumlah pohonya sepertinya mengalami penurunan. Kemungkinan karena makin sedikit orang yang mengkonsumsi buah ini karena buah ini kurang populer. Makin sedikit dikonsumsi oleh manusia maka makin sedikit juga orang yang tertarik untuk menanam pohon buah ini. Jadi untuk mempromosikan tanaman ini maka saya tuliskan  artikel ini. Semoga anda jadi tertarik untuk membeli, mengkonsumsi, atau bahkan menanam buah ini. Ada beberapa manfaat kesehatan dari buah ini yang saya kutip dari Bacasih.com antara lain menyehatkan tulang, membantu metabolisme tubuh, megobati diare, dan lainnya.

BERBAGAI CARA UNTUK MENGKONSUMSI BUAH KETUPA

Buah ketupa
Ada beberapa orang yang salah dalam cara mengkonsusi buah ini, terkadang mereka tidak tahu dan menggigit langsung kulit  buah ini. Padahal bagian kulitnya lumayan tebal dan berasa sepat. Bagian yang manis dari buah ketupa kita akan dapati setelah kita membuka kulitnya dan memakan bagian selaput di sekitar bijinya. Bagian disekitar selaput biji ini bisa dimakan langsung dan memiliki rasa manis dan kadang sedikit asam yang khas .

Tetapi jika kita hanya memakan bagain dalam buah dekat biji tersebut maka porsi yang bisa dimakan akan menjadi sedikit. Mungkin ini adalah salah satu sebab buah ketupa masih kurang populer.

Selain dengan mengkonsumsi langsung bagian dalamnya kita juga bisa memakan bagian kulitnya setelah melaui pengolahan. Salah satu cara mengolahnya adalah dengan merebusnya dan kemudian memakannya sebagai sayur lalapan. Selain itu kita juga bisa mengolahnya menjadi manisan atau asinan, baru kemudian mengkonsumsinya.

2 RESEP MUDAH MENGUNAKAN BUAH KETUPA
  • Resep pertama adalah minuman sari buah ketupa dengan potongan lidah buaya dan jus apel.Untuk resep ini kita butuh tiga bahan, yaitu sari buah ketupa, lidah buaya, dan jus apel. Untuk mendapatkan sari buah ketupa kita perlu memeras bagian dekat biji buah ketupa. Saya menggunakan kain saring untuk memeras. Jumlah yang cairan yang dihasilkan tidaklah terlalu banyak, hanya sekitar 100 sampai 150 ml tiap kilogram buah ketupa yang saya beli. jadi untuk satu gelas anda setidaknya memerlukan 2 kilogram buah ketupa.

Sari buah ketupa
Untuk sekitar 250 ml sari buah ini, kita gunakan 50 g bagian gel lidah buaya (boleh kurang atau lebih sesuai selera) yang dipotong-potong, dan 50 ml jus apel. Campurkan  dan aduk tambahkan juga selaput bijinya,  maka anda akan mendapat minuman sehat yang menyegarkan.

  • Resep kedua adalah asinan kulit ketupa. Resep ini hanya membutuhkan kulit buah ketupa, air, dan garam. Larutkan 60 g garam dalam 1 liter air dan kemudian panaskan sampai mendidih dan matikan api. Kupas kulit ketupa dan cuci, kemudian kupas bagian luar kulitnya dengan pisau. Masukkan kulit yang sudah dikelupas bagian luarnya dalam air garam yang masi panas untuk memblansir. Masukkan dalam toples kaca berserta dengan garam dan air. simpan di lemari pendingin beberapa hari. Setelah beberapa hari siap dikonsumsi sebagai makanan ringan. Untuk menghindari timbulnya jamur dipermukaan bagian yang mengambang, masukkan plastik berisi air garam untuk menenggelamkan kulit ketupa.

Asinan buah ketupa

Ada beberapa buah dan bahan makanan yang sebenarnya baik untuk dikonsumsi tetapi kurang dikenal seperti buah ini, maka tidak ada salahnya anda memperluas jenis makanan yang dikonsumsi. Selain buah ini kami juga pernah membahas kundur dan labu madu butternut squash. Makanan-makanan ini menyehatkan dan pantas berada dalam daftar makanan yang anda konsumsi jadi jangan ragu untuk mencobanya.

Sekian tadi sedikit promosi dan pembahasan agar anda tetarik mengkonsumsi buah ketupa. semoga bermanfaat terima kasih.

Summary
buah ketupa atau buah menteng
Article Name
buah ketupa atau buah menteng
Description
buah ketupa atau buah menteng , buah yang sudah makin langka di pasar, merupakan buah dengan rasa khas dan manfaat kesehatan yang baik
Author
Publisher Name
makantidurgadet.com
Publisher Logo
Andre ,

Andre ,

Orang yang sedikit nyentrik
Menyukai kuliner dan peduli dengan kandungan gizi makanan
Andre ,
%d blogger menyukai ini: