Browse By

Ketupat dan lontong beras merah

Lontong dan ketupat merupakan makanan yang dihasilkan dari beras yang biasanya menghasilkan padatan nasi. Kedua makanan ini biasanya dikombinasikan dengan makanan tertentu seperti gado-gado, gulai, soto, opor dan lainnya. Khusus untuk ketupat biasanya juga dihidangkan pada saat perayaan. Saya terpikir untuk membuat lontong dan ketupat dengan menggunakan beras merah supaya menjadi salah satu alternatif memanfaatkan beras merah. Selain itu lontong dan ketupat yang dihasilkan dari beras merah akan memiliki manfaat kesehatan dari beras merah. Sebelumnya saya sudah memposting resep yang menggunakan beras merah. Tentu dengan membuatnya menjadi makanan tertentu akan mempermudah untuk mengkonsumsinya. Dengan membuatnya menjadi ketupat dan lontong beras merah maka penggunaannya tentu menjadi jauh lebih luas. Makanan ini bisa digunakan sebagai pendamping dari berbagai jenis lauk dan sayur.

BAHAN-BAHAN UNTUK MEMBUAT KETUPAT DAN LONTONG BERAS MERAH

Wadah ketupat dari daun kelapa muda / janur
Rendaman beras merah dan selongsong daun pisang
Bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat ketupat dan lontong tentu saja beras. Dalam resep ini menggunakan beras merah yang sudah direndam 2 jam atau semalaman.

Bahan lain yang menjadi wadah dan pemberi bentuk pada ketupat dan lontong adalah daun. Untuk ketupat menggunakan daun kelapa, sedangkan untuk lontong menggunakan daun pisang yang dibentuk selongsong.

CARA MEMBUAT KETUPAT DAN LONTONG BERAS MERAH

Cara pembuatan ketupat dan lontong tidak berbeda jauh, Berikut langkah-langkah yang dilakukan :

Pertama cuci beras merah yang digunakan, dan setelah 4 sampai 5 kali pencucian rendam beras dan diamkan selama 2 jam atau semalaman. Perendaman beras ini akan membantu mengurangi waktu pemasakan.

Kedua, siapkan daun yang akan digunakan.
Daun pisang yang sudah berubah warna sebagian karena dipanaskan
Pada lontong yang menggunakan daun pisang, panaskan daun pisang diatas api sampai berubah warna. Dengan memanaskan daun pisang akan membuatnya lebih lentur. Saat daun sudah lentur maka dapat dibuat selongsong atau tabung dengan daun pisang sebagai wadah beras. Sematkan lidi pada satu sisi dan isi dengan beras setengah bagian. Kosongkan setengah bagian untuk memberi ruang beras mengambang menjadi nasi.

Pada ketupat bentuk daun kelapa menjadi ketupat, dan isi setengah volume ketupat dengan beras merah.

Ketiga, rebus ketupat dan lontong yang sudah diisi dengan beras merah dengan panci besar yang diisi air sampai menutupi permukaan ketupat dan lontong selama 2 jam.

Keempat, periksa apakah ketupat sudah matang setelah 2 jam jika sudah tiriskan, jika belum tambahkan 1/2 jam lagi sebelum ditiriskan.

Kelima, setelah ditiriskan dan agak dingin maka ketupat dan lontong siap dikonsumsi.
Ketupat beras merah sudah matang
Ketupat dan lontong yang dihasilkan memang tidak menyatu sempurna karena kulit ari beras merah tetapi kondisinya cukup kompak. Saya rasa cukup baik untuk menggantikan ketupat dan lontong dari beras biasa.

Sekian dulu sedikit saran dari makan tidur gadget tentang ketupat dan lontong beras merah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Summary
recipe image
Recipe Name
ketupat dan lontong beras merah
Published On
Preparation Time
Cook Time
Total Time
Andre ,

Andre ,

Orang yang sedikit nyentrik
Menyukai kuliner dan peduli dengan kandungan gizi makanan
Andre ,
%d blogger menyukai ini: