Browse By

Nasi tim beras merah dengan ayam dan jamur shimeji

Beras merah belakangan ini popularitanya meningkat sebagai beras sehat dengan kandungan gizi baik dan glisemik indeks rendah. Beras ini memiliki kandungan serat yang tinggi karena yang biasanya dikonsumsi adalah beras merah dengan kulit ari (bekatul). Selain itu bagian bekatul beras ini juga mengandung mineral yang berguna buat tubuh. Kandungan gizi yang baik itu membuat beras ini memiliki berbagai manfaat kesehatan. Beberapa manfaat itu seperti membantu menurunkan berat badan, sumber antioksidan, menbantu kesehatan jantung, dan lainnya. Salah satu aspek dari beras merah yang membuatnya kurang digemari adalah dari segi rasa yang agak berbeda dari beras biasa. Selain rasa juga teksturnya yang lebih terasa karena masih memiliki bekatul. Untuk mengatasinya kita bisa mengolah ke berbagai resep makanan, seperti nasi goreng dan lainnya. Salah satunya tentu saja resep nasi tim beras merah dengan ayam dan jamur shimeji ini.

BAHAN-BAHAN MEMBUAT NASI TIM BERAS MERAS DENGAN AYAM DAN JAMUR SHIMEJI

Nasi beras merah
Shimaji mushroom
Bahan utama untuk membuat resep ini tentu saja adalah beras merah.  Lebih tepatnya nasi beras merah, jadi kita menggunakan nasi yang sudah matang pada resep ini.

Untuk mengolah beras merah menjadi nasi kita perlu membersihkan dan memasak beras merah tersebut. Pertama kita harus mencuci bersih beras merah, kemudian kita bisa memasaknya pada rice cooker dengan perbandingan volume 1 beras merah banding 1,5 air untuk memasaknya. Perbandingan air dengan beras ini tidak berlaku universal karena beras merah yang ada di pasaran berbeda-beda jenisnya. Perbandingan ini untuk beras dengan panjang bulir sedang.

Jumlah nasi yang digunakan pada resep ini sebaiknya tidak terlalu banyak, cukup hanya satu piring nasi saja, jangan terlalu teabal mengisi cetakan karena nanti jika perbandingan nasi dengan topping terlalu bnayak maka rasanya kan terasa hambar sebagian karena kurang lauk.

Bagian kedua dari bahan adalah bahan topping/bagian atas nasi tim yang menjadi lauk. Bahan bahan untuk bagian topping ini adalah :

100 g daging ayam giling, atau potongan daging ayam

50 g jamur shimeji (bisa digantu jamur lain seperti shitake), jamur sudah dicuci dan dipotong bagian pangkal/bawahnya

3 batang daun bawang cincang kasar

2 siung bawang putih cincang halus

1 cm ruas jahe cincang halus

1 sendok makan kecap ikan

2 sendok makan kecap manis ( boleh ditambah atau dikurangi sesuai selera)

1 sendok makan kecap asin

1/2 sendok makan garam (diatur sesuai selera)

1/2 sendok teh gula

1 sendok teh ketumbar bubuk

1 sendok teh bawang bombay bubuk

1 sendok makan cabe bubuk

1 sendok makan saus tiram

merica sesuai selera

sedikit minyak untuk menumis

Ketiga adalah bahan bumbu untuk nasi beras merah:

2 sendok makan kecap asin

2 sendok makan minyak wijen

dan jika ingin nasi lebih lembek teksturnya tambahkan air 100-200 ml kemudian uapkan saat menumis nasi.

CARA MEMBUAT NASI TIM BERAS MERAH DENGAN AYAM DAN JAMUR SHIMEJI

Ada beberapa tahapan untuk membuat nasi tim ini. Langkah-langkah pembuatnnya sebagai berikut :

Pertama masak beras merah menjadi nasi.

Kedua, masak ayam dan jamur shimeji dengan menumis bawang putih, jahe, dan daun bawang  sampai harum terlebih dahulu. Setelah harum masukkan ayam dan masak sampai matang ( biasanya daging berubah menjadi putih). Kemudian masukkan jamus shimeji dan bumbu-bumbu topping dan tumis beberapa menit sampai jamur agak layu. Sambil menyesuaikan rasa sesuai keinginan pada proses ini. Kemudian sesudah masak pindahkan dan ratakan pada bagian bawah cetakan nasi tim.

Ketiga, tumis nasi beras merah yang akan digunakan dengan 2 sendok makan kecap asin dan dua sendok makan minyak wijen. Tambahkna air sebanyak 100-200 ml untuk membuat nasi lebih lembut teksturnya. Uapkan air yang ditambahkan pada proses ini sampai nasi terlihat tidak terlalu basah.

Keempat, masukkan nasi ke dalam cetakan pada di atas bagian topping yang sudah dimasukkan lebih dulu. Ratakan dan kemudian kukus 20 sampai 30 menit tergantung ketebalan nasi.
Nasi tim beras merah dalam cetakan stainless
Kelima, setelah dikukus balikkan cetakan ke atas piring sehingga bagian topping berada diatas dan lepaskan nasi di piring. Siap disajikan.

Diantara bahan baku di atas terdapat jamur shimeji, jamur ini biasa digunakan dalam masakan sup atau tumisan di Jepang. Aroma jamur ini cukup khas dan memiliki tekstur mirip daging sehingga cocok digunakan pada resep ini. Selain itu jamur ini juga bergizi baik. Untuk artikel ini sedikit saja pembahasan tentang shimeji, lain kali mungki akan dibahas lebih banyak.

Kembali lagi ke beras merah, pada saat mengkonversi resep dari nasi putih ke resep beras merah sebaiknya jumlah bumbu yang digunakan ditingkatkan. Dari hasil pembuatan resep nasi tim beras merah ini, jika menggunakan ketebalan nasi yang sama dengan resep nasi putih maka rasa akan terasa agak hambar untuk nasi beras merah. Berikut ini link resep lain yang menggunakan beras merah.

Resep ini juga bisa disimpan di freezer dalam kemasan kedap, untuk kemudian dikukus lagi setelah keesokan harinya . Cukup praktis dan dapat bertahan beberapa hari di freezer.

Sekian dulu pembahasan resep nasi tim beras merah, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Summary
Nasi tim beras merah dengan ayam dan jamur shimeji
Article Name
Nasi tim beras merah dengan ayam dan jamur shimeji
Description
Nasi tim beras merah dengan ayam dan jamur shimeji salah satu resep yang menggunakan beras merah sehingga lebih menarik untuk dikonsumsi.
Author
Publisher Name
makantidurgadet.com
Publisher Logo
Andre ,

Andre ,

Orang yang sedikit nyentrik
Menyukai kuliner dan peduli dengan kandungan gizi makanan
Andre ,

Latest posts by Andre , (see all)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: