Browse By

Bola kurma coklat dengan kacang, kismis, dan oat

Kurma merupakan makanan yang berasal dari daerah timur tengah, tetapi makanan ini sudah dikenal masyarakat dunia sebagai makanan sehat. Kurma adalah bahan makanan yang memiliki kandungan gizi yang baik dan memiliki banyak manfaat kesehatan. Berbagai manfaat kurma antara lain adalah membantu pencernaan, kesehatan tulang, menstabilkan berat badan, dan lainnya. Kurma memiliki kandungan gula alami yang baik untuk digunakan sebagai pemanis pengganti gula pada berbagai jenis makanan. Tetapi tentu saja jika hanya kurma maka rasa dan gizinya kurang lengkap. Maka pada resep ini kita gunakan juga kacang mede/kacang, kismis, dan oat, maka terbentuklah bola kurma coklat dengan kacang, kismis, dan oat.

BAHAN-BAHAN MEMBUAT BOLA KURMA COKLAT DENGAN KACANG, KISMIS, DAN OAT

Kurma, coklat bubuk, dan oat
Bahan-bahan yang dibutuhkan hampir semuanya tercantum semua didalam judul resep. Bahan- bahan yang digunakan, yaitu:

200 g kurma yang sudah dibuang bijinya (pilih jenis kurma yang bertekstur lembut seperti kurma madjool)

50 g coklat bubuk

50 g oat siap saji atau jika menggunakan yang mentah dipanggang dulu 10 menit 150 derajat celsius

50 g kacang mede panggang/kacang tanah goreng

25 g kismis/sultana

2 sendok makan minyak kelapa untuk membantu mencampurkan coklat bubuk

sedikit garam

CARA MEMBUAT BOLA KURMA COKLAT DENGAN KACANG, KISMIS, DAN OAT

Untuk cara pembuatannya tergantung peralatan yang dimiliki. Jika menggunakan food processor maka cukup dengan memasukkan semua bahan kedalamnya. Kecuali kismis dan separuh jumlah kacang yang digunakan untuk nanti digunakan terakhir agar memberi tekstur berbeda saat dikonsumsi.

Jika menggunakan blender biasa bisa dengan menggunakan bagian grinder untuk daging dan bahan kering untuk menghaluskan kurma sedikit demi sedikit. Setelah kurma halus maka kita campurkan bahan lain dengan cara manual menggunakan garpu dan sendok.

Jika tidak memiliki blender, maka kita bisa mulai dengan cara manual dari awal. Dengan meggunakan sendok dan garpu untuk melumat kurma, dan kemudian mencampurkan bahan lain sedikit demi sedikit.

Setelah pencampuran maka kita sudah bisa mengkonsumsi makanan ini. Tetapi untuk mempercantik kita bentuk bola. Bola yang dibuat ukurannya sekitar berdiameter 1 cm. Tetapi ukuranya ini tidak perlu menjadi patokan anda bisa membuat lebih kecil atau lebih besar terserah anda.

Setelah benbentuk bola kita bisa taburi dengan coklat bubuk agar tidak lengket. Bisa juga di gulirkan di oat, kelapa parut, bubuk cabe, atau remahan kacang.

Untuk penggunaan kacang dan kismis pun kita bisa ganti sesuai selera kita. Kita bisa mengganti kacang dengan walnut, pistacio, atau biji bunga matahari. KIta juga bisa menmbahkan chocolate chip jika mau. Banyak variasi yang bisa dilakukan dengan resep ini, silahkan biarkan kreatifitas anda bekerja.

Berikut ini link resep lain yang menggunakan kurma dan oat.

Sekian tadi resep bola kurma yang mampu mensuplai energi dan menyehatkan, selamat mencoba dan terima kasih.

Summary
recipe image
Recipe Name
bola kurma coklat dengan kacang, kismis, dan oat
Published On
Preparation Time
Cook Time
Total Time
Andre ,

Andre ,

Orang yang sedikit nyentrik
Menyukai kuliner dan peduli dengan kandungan gizi makanan
Andre ,

Latest posts by Andre , (see all)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: