Browse By

Cincau hijau bahan makanan khas Inonesia

Cincau yang ada di pasar atau supermarket biasanya ada 2 jenis yaitu cincau hitam dan cincau berwarna hijau. Cincau diperoleh dengan proses perendaman daun tanaman cincau. Tanaman yang menghasilkan cincau ini sendiri ada beberapa. Kata cincau sendiri berasal dari bahasa hokkien yang merujuk pada tanaman penghasil cincau. Dan dari wikipedia ternyata saya ketahui bahwa di luar negeri cincau yang ada hanya yang berwarna hitam, sedangkan cincau berwarna hijau sendiri merupakan bahan makanan yang khas dari Indonesia. Tepatnya jenis tanaman cincau yang digunakan untuk menghasilkan cincau hijau hanya ada di Indonesia yaitu Cyclea barbata. Jadi tidak berlebihan jika kita menyebut bahan makanan ini adalah khas Indonesia. Makanan khas ini penggunaannya seperti masih terbatas maka kita bahas juga berbagai metode penggunaannya dibawah ini.

CARA KLASIK PEMANFAATAN CINCAU HIJAU

Cara pemanfaatan cincau ini biasanya sama dengan cincau yang hitam yaitu bahan campuran minuman atau es buah.

Berikut ini satu resep mudah untuk metode pemanfaatan klasik cincau hijau:

Cincau hijau blok

  • Teh kundur dengan cincau hijau
    Teh kundur dengan potongan cincau hijau
    Caranya membuat teh kundur ada di link berikut. Setelah teh kundur sudah jadi kita tambahkan es dan 50 g potongan cincau hijau pada satu gelas teh agar menjadi lebih segar.
  • yogurt jeruk dengan serpihan cincau.

Satu lagi resep yang menggunakan cincau yang pernah diposting di web ini adalah yogurt jeruk dengan serpihan cincau hijau.

CARA PEMANFAATAN ALTERNATIF

Selain cara pemanfaatan klasik seperti diatas ada juga cara lain seperti berikut:

  • Smoothies mangga cincau hijau

Mangga dan cincau hijauSmoothies mangga cincau hijau
Bahan yang dibutuhkan untuk membuat smoothies ini hanya tiga yaitu satu buah mangga ukuran besar yang sudah dikupas dan dipotong , madu sesuai selera (hanya jika mangga yang digunakan terlalu asam), dan 200 g cincau hijau.

Cara membuatnya cukup mudah hanya dengan memblender semua bahan sampai halus dan smoothies siap disedot (karena disantap dan diminum sepertinya kurang tepat).

  • Sorbet cincau sirsak

Resep pembautan sorbet cincau sirsak ada di link ini.

Selain digunakan pada makanan dan minuman manis kita juga bisa mengunakan cincau untuk menjadi lauk pada mi goreng misalnya setelah diproses dengan memotongnya dan membiarkan airnya keluar beberapa saat dan kemudian digoreng di minyak bawang.

Jika kalian merasa cara penggunaan diatas ini terlalu aneh kalian pakai saja cara penggunaan klasik yang sudah pasti. Tetapi jika kalian berjiwa petualang dan ingin mengeksplorasi sang cincau boleh dicoba metode dan resep aneh di atas tadi.

Sedikit tadi pembahasan tentang cincau berwarna hijau yang ternyata khas hanya di negara kita saja sertabeberapa cara penggunaannya. Semoga bermanfaat , terima kasih.

Summary
Cincau hijau bahan makanan khas Inonesia
Article Name
Cincau hijau bahan makanan khas Inonesia
Description
Cincau hijau yang ternyata khas Indonesia ternyata bisa kita manfaatkan dengan bebagai cara tidak hanya metode klasik saja.
Author
Publisher Name
makantidurgadet.com
Publisher Logo
Andre ,

Andre ,

Orang yang sedikit nyentrik
Menyukai kuliner dan peduli dengan kandungan gizi makanan
Andre ,

Latest posts by Andre , (see all)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: