Browse By

Yogurt jeruk dengan serpihan cincau hijau

Minuman yogurt rasa buah terkadang menggunakan bahan tambahan makanan berupa pemberi flavor buah. Sehingga saya lebih suka membeli yogurt plain atau tanpa rasa dan menambahkan sendiri buah yang diinginkan pada yogurt. Selain rasa bahan pewarna makanan juga terkadang digunakan. Misalkan pada resep ini, walaupun yogurt ditambahkan perasan jeruk berwarna orange tetapi warna orange hampir tidak terlihat. Untuk meningkatkan warna ini terkadang produk minuman rasa buah diberi pewarna. Selain kekuatiran akan bahan tambahan makanan kita juga bisa mengatur rasa seberapa manis atau asam minuman yogurt yang kita hasilkan. Kita juga bisa menambah bahan seperti cincau untu memperkaya tekstur dan rasa minuman yogurt ini. Maka tercetuslah ide membuat yogurt jeruk dengan serpihan cincau hijau.

BAHAN-BAHAN PEMBUATAN YOGURT JERUK DENGAN SERPIHAN CINCAU

Kubik es perasan jeruk / orange juice ice cubes

Cincau hijau / indonesian green grass jelly

  • Bahan pertama yang dibutuhkan tentu saja yogurt cair, saya menggunkan yogurt dalam botol. Yogurt yang digunakan adalah yang tanpa penambahan rasa atau plain.

Yogurt cair yang digunakan adalah sebanyak  250 ml

  • Buah yang digunakan dalam resep ini adalah buah jeruk. Perasan jeruk yang digunakan sudah dalam bentuk kubik es, hal ini memudahkan penyimpanan.

Sebanyak 120 ml perasan jeruk dalam bentuk kubik es

  • Cincau yang digunakan adalah cincau hijau, cincau ini lebih lembut dan memberi warna menarik secara alami pada minuman ini.

200 g cincau hijau dalam bentuk blok digunakan dalam resep ini.

CARA MEMBUAT YOGURT JERUK DENGAN SERPIHAN CINCAU HIJAU

Cara untuk membuat minuman ini mudah yaitu cukup memblender bahan-bahan yang ada. Tetapi penggunaan blender kita bagi menjadi dua tahapan.

Pada tahap pertama kita masukkan bahan berupa yogurt dan kubik es perasan jeruk manis dalam blender dan blender sampai kubik es tercampur.

Kemudian pada tahap kedua kita masukkan blok cincau hijau yang sudah disiapkan kedalam blender. Setelah itu gunakan pulse (menyalakan blender dan mematikan dalam waktu singkat) beberapa kali. Sampai serpihan cincau terlihat mencapai ukuran yang diinginkan.

Penggunaan pulse ini dimaksudkan agar cincau terpotong kecil-kecil tetapi tidak sampai terlumat seluruhnya. Dengan menyisakan serpihan yang besarnya sesuai keiginan kita maka kita masih bisa menikmati tekstur cincau hijau yang lembut dan kenyal.

Pilihan lainnya adalah kita tidak perlu memblender tahap kedua tetapi harus memotong cincau secara manual. Ini memakan waktu lebih lama dan lebih menyulitkan hingga saya lebih memilih metode yang pertama.

Sekian dulu resep minuman sehat dari yogurt cair ala makan tidur gadget, semoga bermanfaat.

Summary
recipe image
Recipe Name
yogurt jeruk dengan serpihan cincau hijau
Published On
Preparation Time
Cook Time
Total Time
Andre ,

Andre ,

Orang yang sedikit nyentrik
Menyukai kuliner dan peduli dengan kandungan gizi makanan
Andre ,
%d blogger menyukai ini: