Browse By

Kubik es atau Ice cube cara pintar menyimpan buah dan ekstrak

Ice cube tray atau cetakan kubik es bentuk kotak ini biasanya sudah tersedia sejak pertama kita membeli lemari pendingin. Tepatnya di bagian freezer dari lemari pendingin. Biasanya kita hanya memanfaatkannya untuk mencetak es biasa dari air putih. Pemanfaatan ini tidak salah tetapi cetakan ini bisa digunakan tidak hanya untuk membekukan air putih menjadi es. Tetapi ada berbagai bahan lain yang bisa kita bekukkan. Ini akan memudahkan kita dan membuat makanan dan bahkan mungkin memberi kita inspirasi untuk membuat resep baru. Selain untuk memudahan penyimpanan penyimpanan dengan cara ini juga bisa memperpanjang daya simpan beberapa bahan.

BEBERAPA TIPS PENGGUNAAN CETAKAN KUBIK ES

Sirsak di cetakan es / soursoup in ice cube tray
Ada beberapa bahan yang bisa kita cetak dan menjadikannya lebih mudah disimpan dan digunakan. Berikut beberapa diantaranya :

Perasan jeruk manis, jeruk nipis, lemon,  jeruk lainnya, atau juga perasan/hasil blender buah lainnya. Dengan membekukan perasan ini dalam bentuk kubik es kita bisa menyimpan jeruk yang sedang berlebih pada musim panen. Sebenarnya ada satu cara lain yaitu dengan membuat sari buah, tetapi dengan membekukannya maka prosesnya lebih sederhana.

Daging buah-buahan seperti sirsak, mangga, durian, dan lainnya. Kenapa kita perlu membekukanya dalam bentuk kubus kecil? Alasan utamanya adalah jika kita menyimpan dalam betntuk kubus kecil maka pada saat penggunaannya kita bisa lebih mudah memisahkan berapa banyak yang kita gunakan tanpa perlu mencairkan atau memecahkan bongkahan besar es buah. Selain itu penggunaannya juga lebih mudah jika akan dimasak atau diblender karena ukurannya lebih kecil. Dan juga waktu yang dibutuhkan untuk mencairkannya akan lebih sedikit.

Selain perasan buah dan daging buah kita juga bisa membekukan ekstrak lain seperti kopi, saus tomat, kuah kari, kaldu daging, dan lainnya. Seperti yang digambarkan oleh spongebob squarepant yang membatasi kita hanyalah imajinasi, kemungkinannya tidak terbatas tergantung cara kita menggunakannya.

BEBERAPA RESEP SEDERHANA MENGGUNAKAN BAHAN KUBIK ES
  • Es teh jeruk nipis

Seduh teh seperti biasa dan tambahkan gula sampai sedikit lebih manis dari selera anda. Kemudian biarkan agak dingin sebentar, lalu masukkan kubik es jeruk nipis 1 atau dua sesuai selera, aduk sampai terlarut sebagian atau semuanya. Maka es tek jeruk nipis siap dihidangkan.

  • Es kopi susu

Tuangkan susu cair sampai sepertiga atau setengah atau 2/3 dari cangkir yang digunakan(sesuai selera). Setelah itu masukkan kubik es kopi yang sudah dibekukan dan aduk sampai mencair semua atau sebagian, kemudian tambahkan pemanis jika perlu. Es kopi susu siap dinikmati bahkan tanpa perlu memasak air.

  • Spagetti saus tomat

Cairkan saus pasta tomat berbentuk kubik es di atas panci dan kemudian panaskan. Masukkan spagetti yang sudah direbus sampai matang atau al dente dan aduk. Hidangkan di piring dengan taburan keju jika suka.

Untuk resep sorbet cincau sirsak berikut ini linknya.

Demikian tadi tips penggunaan cetakan kubik es dari makan tidur gadget. Semoga bermanfaat.

Summary
Kubik es atau Ice cube cara pintar menyimpan buah dan ekstrak
Article Name
Kubik es atau Ice cube cara pintar menyimpan buah dan ekstrak
Description
Cetakan kubik es yang tersedia di bagian freezer lemari pendingin memiliki fungsi lebih dari sekedar membuat kubik es biasa, mari manfaatkan lebih efektif
Author
Publisher Name
makantidurgadet.com
Publisher Logo
Andre ,

Andre ,

Orang yang sedikit nyentrik
Menyukai kuliner dan peduli dengan kandungan gizi makanan
Andre ,

Latest posts by Andre , (see all)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: