Browse By

Fitur Rahasia Android yang tersingkapkan

Smartphone semakin canggih dari hari ke hari, begitu juga dengan fitur mereka. Membuka sosmed, mengirim email, dan bahkan menelpon! Bahkan, ada beberapa fitur rahasia android yang mungkin belum kamu ketahui. Berikut fitur rahasia android yang mungkin belum kamu ketahui ala makantidurgadget.com.

Fitur Rahasia Android : Voice Search dengan screen terkunci

Screenshot_2017-06-04-16-14-02

Hanya sedikit orang yang tahu akan hal ini. Sebagian smartphone android bisa melakukan voice search dengan mengatakan “ OK Google “ saat layar mati! Sayangnya, hanya perangkat dengan voice detection system yang bisa melakukan hal ini.

Untuk mengecek apakah smartphone dapat melakukan hal ini, masuk ke Google Setting>Search and Google Now>Voice>OK Google Detection>Always On. Perlu diingat bahwa kamu juga perlu melatih Google agar peka terhadap suaramu ( juga bisa diaktifkan di layar yang sama ). Ponsel yang tidak menawarkan fitur ini akan memberi pilihan “ From Any Screen “ bukan “ Always On”.

Mematikan ponsel dari jarak jauh dan meresetnya jika terjadi kehilangan

Screenshot_2017-06-04-16-14-39

Kehilangan ponselmu adalah satu hal yang buruk, tapi lebih parahnya lagi jika ada orang asing memiliki akses pada semua data pribadimu. Untungnya, Google memiliki fitur yang disebut Android Device Manager yang memperbolehkan kamu mengendalikan perangkat dari jarak jauh.

Android Device Manager lebih dari hanya melacak keberadaan ponselmu. Kamu bisa menelponnya, mematikan atau bahkan factory reset. Aktifkan fitur ini dengan masuk ke setting>security>Phone management dan masuk ke websitenya saat kamu kehilangan ponselmu.

Aktivasi kembali Tema berwarna gelap

wallpaper gelap

Android Marshmallow meninggalkan tema berwarna gelap, tapi masih ada cara lain untuk mendapatkannya. Masuk ke setting>accessibility>inverted rendering untuk mendapatkan tema gelap impianmu. Tema ini sangat cocok digunakan untuk membaca, baik di malam hari atau di tempat yang terang.

Mengakses Chrome Tab dari perangkat lain

Jika kamu mengunakan Chrome sebagai default browser, apa kamu tahu jika bisa mengakses Chrome tab dari ponsel atau tablet lain?

Selama kamu terkoneksi dengan Chrome, saat kamu membuka tab baru, akan muncul recent tab di bagian kanan bawah layar. Tap untuk membuka semua URL yang ada di perangkat lain milikmu.

Meninggalkan alamatmu jika ponselmu hilang

Ini adalaha sebuah fitur yang berguna bagi mereka yang sering kehilangan barangnya ( atau sering meninggalkan ponsel di restoran ). Jika kamu merasa ponselmu hilang, dan ada orang baik yang menemukannya, kamu bisa meninggalkan pesan di ponselmu dengan alamat kontakmu tertera disitu.

Fitur ini mirip fungsinya dengan Android Device Manager, tapi lebih baik berjaga-jaga dan siap sedia. Masuk ke Setting> security> lock screen message untuk menambahkan alamat kontakmu atau instruksi detil. Menawarkan hadiah kepada orang yang menemukan ponselmu juga adalah sebuah ide yang baik.

Document Scanner

Pada zaman dahulu, pada awal masa digital, kamu harus mengeluarkan banyak uang untuk menscan dokumen agar menjadi digital. Hari ini, smartphone dapat berfungsi sebagai scanner. Meski kualitasnya tidak terlalu baik, prosesnya lebih praktis.

Ada beberapa pilihan yang bisa kamu lakukan. Kamu mengambil foto dari dokumen dan menyimpannya sebagai gambar, atau kamu bisa menggunakan Google Drive untuk mengkonversinya. Ada juga aplikasi untuk melakukan ini, seperti CamScanner atau evernote.

Menjadi Wi-Fi Hotspot

Tethering adalah sebuah fitur yang mungkin sudah banyak diketahui orang, dan menjadi semakin mudah sejak android Lollipop dan Marshmallow. Proses ini akan menjadikan koneksi internet ponselmu menjadi sebuah jaringan wi-fi yang bisa digunakan oleh perangkat lain.

Masuk ke Setting> More> Share Connection and Mobile hotspot. Disana, kamu juga bisa mengatur nama Wi-Fi dan password untuk terhubung. Namun, pastikan kamu memperhatikan konsumsi data mobilemu.

Kompas dan Barometer

Apa kamu tahu ada banyak sensor dalam perangkatmu? Tidak hanya sekedar mengetahui utara dan selatan, tapi kamu juga bisa mendownload aplikasi seperti Smart Compass dan AndroiTS Compass Free untuk mengubah ponsel menjadi kompas.

Banyak juga smartphone yang memiliki barometer yang mampu menjadikan ponselmu sebuah stasiun cuaca portabel. Aplikasi seperti Barometer Altimeter DashClock dan Barometer Monitor bisa membantu kamu mengantisipasi perubahan tekanan atmosfer.

Apa masih ada lagi fitur rahasia android yang terlewatkan oleh kami ? Beritahukan di kolom komentar.

Summary
Fitur Rahasia Android
Article Name
Fitur Rahasia Android
Description
Smartphone semakin canggih dari hari ke hari, begitu juga dengan fitur mereka. Membuka sosmed, mengirim email, dan bahkan menelpon! Bahkan, ada beberapa fitur rahasia android yang mungkin belum kamu ketahui.
Author
Publisher Name
makantidurgadget.com
Publisher Logo
ikutilah aku

yerimia

Seseorang yang lebih menyukai gadget daripada makan 3 kali sehari.
Sekarang, dia sedang mengemban tugas suci untuk membuka mata para pembaca mengenai gadget dan game.
ikutilah aku

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: