Browse By

Teh Kundur (Winter melon tea)

Kundur adalah salah satu jenis labu yang masih jarang digunakan dalam masakan Indonesia seperti juga labu lain seperti labu madu. Dalam bahasa Inggris buah ini dikenal dengan nama winter melon. Buah ini dianggap memiliki khasiat baik bagi kesehatan dan juga digunakan sebagai sayur untuk beberapa jenis masakan. Minuman teh kundur atau yang dikenal dengan dong gua cha di Taiwan. Teh kundur dianggap minuman kesehatan yang tepat diminum di musim panas bagi orang Taiwan. Teh ini dianggap memiliki banyak khasiat kesehatan. Khasiat kesehatan itu antara lain adalah membantu menjaga berat badan (bagus buat diet), mengurangi stres, menurunkan kolesterol, dan lainnya.

BAHAN PEMBUATAN TEH KUNDUR

Buah kundur / winter melonKundur yang dipotong dadu/ cubed winter melon
Bahan yang dibutuhkan untuk membuat teh ini hanya 3 saja yaitu:

  • 1500 g buah kundur yang sudah dipotong dadu (kulit dan bijinya bisa diikutsertakan atau boleh juga tidak)
  • 250 gula merah/gula kelapa/gula aren (resep aslinya menggunakan brown sugar tetapi karena kita di Indonesia maka saya rasa menggunakan gula merah lebih baik)
  • 50 g gula batu

CARA PEMBUATAN TEH KUNDUR

Cara pembuatan teh ini sebenarnya sederhana, hanya saja ada beberapa langkah yang mengharuskan kita menunggu sebelum melakukan langkah berikutnya. Berikut ini langkah-langkah pembutanya:

    • Pertama cuci buah kundur dan potong dadu buah kundur (tidak perlu terlalu kecil cukup pada kisaran 1 sampai 2 centimeter). Kulit buahnya dapat dikupas terlebih dahulu atau boleh juga tanpa dikupas.
    • Kemudian masukkan potongan buah kundur dalam panci dan tambahkan gula merah yang sudah diiris tipis. Aduk buah dan gula sampai tercampur rata dan biarkan selama 1 jam. Dengan melakukan proses ini maka cairan buah kundur akan keluar.

Winter melon released its juice after mixed with palm sugar / kundur setelah dicampur dengan gula merah

  • Selanjutnya kita masukkan gula batu, dan nyalakan api agar larutan mendidih.
  • Setelah itu kecilkan api kompor sampai pada posisi api paling kecil dan tutup panci agar uap air tidak keluar. Gunakan panci dengan tutup yang rapat agar uap air tidak keluar. Hal ini penting karena jika tidak tertutup rapat uap air akan keluar dan bisa mengakibatkan habisnya air dan menjadi gosong.
  • Setelah ditutup biarkan di api kecil selama 1 1/2 sampai 2 jam.
  • Setelah buah kundur terliat transparan gunakan saringan untuk menyaring cairan dan memeras teh dari buah kundur.
  • Simpan cairan hasil penyaringan dan perasan dalam wadah kaca dan teh ini bisa disimpan di lemari pendingin sampai 2 minggu.

CARA MENYAJIKAN TEH KUNDUR

Dari teh yang dihasilkan bisa langsung dikonsumsi dengan menambahkan 3 bagian air untuk satu bagian ekstrak teh kundur. Biasanya juga disajikan dengan es karena ini memang minuman kesehatan yang baik untuk menyegarkan di musim panas.

Sekian tadi resep minuman teh kundur yang segar dan sehat, semoga tulisan ini bermanfaat. Selamat mencoba.

 

Summary
Teh Kundur (Winter melon tea)
Article Name
Teh Kundur (Winter melon tea)
Description
Teh kundur atau dong gua cha atau winter melon tea adalah salah satu minuman dari olahan kundur yang memiliki khasiat kesehatan
Author
Publisher Name
makantidurgadet.com
Publisher Logo
Andre ,

Andre ,

Orang yang sedikit nyentrik
Menyukai kuliner dan peduli dengan kandungan gizi makanan
Andre ,

Latest posts by Andre , (see all)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: