Browse By

Penipuan Whatsapp dan Tips Pencegahannya

Semakin populer sesuatu, semakin banyak orang yang berusaha mengambil keuntungan, bahkan dengan cara yang tidak halal. Sejak dirilis pada tahun 2009, popularitas Whatsapp melesat bagaikan roket. Dengan pengguna aktif sekitar 1,2 Miliar, Whatsapp telah menjadi jejaring sosial nomor dua terbesar di dunia saat ini. Dan efek buruknya adalah, banyaknya penipuan Whatsapp yang beredar.

Penipuan Whatsapp dan Tips Pencegahannya

penipuan whatsapp

Memang bukanlah suatu hal yang mengejutkan jika para penipu mulai menargetkan korban potensial melalui jejaring sosial dan aplikasi berkirim pesan. Para penipu juga ikut berevolusi bersamaan dengan teknologi, jadi sangat masuk akal mereka jika mereka mulai memperkenalkan jenis penipuan baru melalui apklikasi populer, daripada hanya dengan cara lama “ mengaku sebagai pangeran Nigeria “. Meski masih banyak orang yang masih menjadi korban penipuan ini – Menurut laporan, para prenipu telah menghasilkan lebih dari 2,3 Miliar USD antara tahun 2012 hingga 2015.

Juga bukan hal yang aneh ketika semakin banyak orang terkena penipuan Whatsapp. Whatsapp sangat mudah untuk digunakan, begitu simpelnya sehingga nenek-nenek pun bisa memahami cara penggunaannya. Dan karena Whatsapp bisa diakses oleh begitu banyak orang, tidak semua orang bisa paham bahwa Whatsapp Gold itu merupakan sebuah penipuan. Dan saya juga sedikit khawatir sudah berapa orang yang terkena penipuan “ Whatsapp tidak akan lagi gratis “. Adalah sebuah asumsi yang salah jika menganggap bahwa orang tua itu gaptek, semua orang bisa saja menjadi korban. Yang kamu butuhkan adalah sebuah kecurigaan ketika melihat sesuatu tawaran yang tidak biasa.

Saya telah mengumpulkan beberapa jenis penipuan Whatsapp yang sering ditemui sehingga kamu bisa lebih hati-hati kedepannya.

Penipuan Whatsapp dengan New Voice Mail Scam

Tidak diragukan lagi merupakan salah satu yang paling klasik. Serangan berbasis malware ini pertama kali terjadi tahun 2013. Dan karena semakin banyak orang yang menggunakan fitur Whatsapp voice call, penipuan ini kembali marak di tahun 2017. Prinsipnya tetap tidak berubah.

Penipuan jenis ini dimulai dengan pengguna yang menerima email yang mengaku dari Whatsapp dengan subjek “ missed call “. Email ini hanya berisi pesan “ New Voice Message “ beserta tombol play sehingga kamu bisa mendengarkan pesan tersebut. Jika kamu tekan tombol play, maka akan mendownload virus trojan yang akan mengunci perangkatmu dan si penipu akan menuntut uang tebusan untuk bisa kembali membukanya.

Jika kamu klik linknya dari smartphone, maka kemungkinan besar smartphonemu juga akan terkena imbasnya. Bahkan, malware tersebut juga akan menipumu untuk mendownload lebih banyak malware lainnya juga.

Tips Pencegahan

Perlu kamu ketahui bahwa Whatsapp tidak mengirimkan email sejenis itu. Ditambah lagi – kemungkinan Whatsapp mengirimkan email kepadamu adalah NOL.

Penipuan Whatsapp Access Code

Salah satu penipuan yang juga favorit. Begini cara kerja si penipu. Penipu login baru ke Whatsapp menggunakan nomor ponsel korban. Whatsapp – sesuai prosedur login mereka – akan mengirim SMS kode verifikasi kepada korban. Si penipu kemudian menelpon korban dengan mengaku sebagai pihak Whatsapp dan meminta kode verifikasi dengan alasan memastikan apakah Whatsapp korban masih berjalan atau sejenisnya. Penipu kemudian akan memiliki akses penuh ke akun Whatsapp korban ( bahkan menguncinya ) dan mulai meminta tebusan kepada korban atau meminta/meminjam uang dari orang dekat mereka.

Tips Pencegahan

Jika kamu tidak melakukan login baru, abaikan saja SMS kode verifikasinya. Jika kamu juga tidak yakin apakah kamu secara tidak sengaja melakukannya, abaikan. Whatsapp tidak pernah menelpon dan meminta kode verifikasi yang mereka kirimkan.

Penipuan Whatsapp Tidak akan Gratis Lagi

Tidak diragukan lagi merupakan salah satu penipuan yang paling abadi, sudah ada sejak pertama kali Whatsapp dilahirkan dan masih bertahan hingga saat ini. Tragisnya, modus penipuan yang sama juga kerap terjadi di Facebook. Jujur saja, seberap sering kamu melihat teman atau kenalanmu memforward atau share sebuah postingan yang mengatakan facebook akan mulai berbayar.

Prosedur penipuan ini kira-kira begini. Seorang pengguna akan menerima pesan dari nomor tak dikenal yang menyatakan :

“ Whatsapp akan mulai berbayar dan kamu perlu mengkonfirmasi profilmu untuk terus menggunakan layanan ini secara gratis, aktifkan profilmu disini “

Biasanya juga ada link ke website abal-abal pihak ketiga. Dan tergantung penipunya, website tersebut terkadang akan menjebakmu untuk mencuri informasi pribadimu.

Tips Pencegahan

Mulai awal tahun 2016 Whatsapp mengumumkan bahwa mereka gratis selamanya dan tidak akan lagi menarik uang dari pengguna. Abaikan semua pesan dari nomor tak dikenal sejenis itu.

Penipuan Whatsapp Voucher Fast Food

Saat penipuan ini mencapai ponselmu, berarti seorang kenalanmu sudah menjadi korban. Seorang kenalan di kontakmu mungkin sudah tertipu untuk mensharing kode voucher palsu. Pesan tersebut biasanya disamarkan sebagai voucher makan fast food ( McDonalds atau KFC ) atau toko-toko online.

Kemudian dalam pesan tersebut ada link yang harus kamu klik, yang akan membawamu ke halaman instalasi malware atau halaman survei yang membantu para penipu untuk melancarkan aksi mereka. Penipuan jenis ini mirip dengan email scam, mendorong pengguna untuk mengirimkan pesan ke beberapa teman untuk mendapat voucher tersebut, atau untuk mendapat voucher yang lebih besar lagi.

Tips Pencegahan

Fakta bahwa seorang kenalan atau anggota keluargamu mengirimkan pesan ini terkadang memberimu rasa aman yang palsu. Meskipun kamu dapat mengasumsikan bahwa sebagian besar penawaran ini palsu, kamu seharusnya curiga ketika sampai di halaman website yang aneh atau jika disuruh download sesuatu.

Penipuan Whatsapp Gold

Whatsapp Gold adalah aplikasi malware pihak ketiga. Ini bukan aplikasi resmi di Play Store. Meski aplikasi ini mengaku sebagai “ Versi Premium rahasia “ dari Whatsapp, sebenarnya hanyalah alasan agar kamu mendownload malware ini. Biasanya modusnya seperti ini :

penipuan whatsapp gold

Tips Pencegahan

Untungnya sekarang ini, pesan berantai tentang Whatsapp Gold sudah hampir tidak ada. Hati-hati juga dengan aplikasi yang tidak ada di Play Store.

Penipuan Whatsapp – Emoji

penipuan whatsapp emoji

Penipuan jenis ini adalah yang paling tidak berbahaya dibandingkan yang lainnya, tapi masih sangat menyebalkan. Mirip dengan penipuan yang lainnya, pesan yang menjanjikan satu set animated emoji baru, dan download link yang mencurigakan. Saat kamu klik link tersebut, kamu akan disuruh untuk menyebar pesan ke 10 kontak atau 3 grup, untuk menyebar link ini.

Setelah 5 menit, sebuah peringatan akan muncul di browsermu yang mengatakan kamu kehabisan memory dan perlu update. Walaupun kamu tidak menghiraukannya, kamu akan terus diganggu dengan aliran pop up yang terus memaksamu menginstall. Yang kamu install sebenarnya adalah aplikasi resmi bernama UC Browser. Menurut Kaspersky Lab, meski pesan ini tidak menimbulkan kerugian selain pop up yang mengganggu, ini terlalu memaksa pengguna untuk menginstall aplikasi.

Tips Pencegahan

Seperti Whatsapp Gold, Jangan menginstall aplikasi selain dari Play Store jika kamu tidak yakin apakah mereka aman. Memang tidak semua aplikasi di luar Play Store mengandung malware, tapi sebagian besar ya.

Untuk sementara, hanya beberapa jenis penipuan inilah yang sering saya temui. Sambil menunggu update berikutnya lebih baik kamu berkunjung kesini.

ikutilah aku

yerimia

Seseorang yang lebih menyukai gadget daripada makan 3 kali sehari.
Sekarang, dia sedang mengemban tugas suci untuk membuka mata para pembaca mengenai gadget dan game.
ikutilah aku

One thought on “Penipuan Whatsapp dan Tips Pencegahannya”

  1. Download BlackMart Apk says:

    Hello, I think your website might be having browser compatibility
    issues. When I look at your website in Chrome, it
    looks fine but when opening in Internet Explorer,
    it has some overlapping. I just wanted to give you a quick heads up!
    Other then that, superb blog!

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: