Browse By

saus pasta tomat ala makantidurgadget.com

Ide membuat saus ini bermula saat saya kehabisan saus pasta tomat untuk bahan membuat makanan seperti spageti dan lasagna. Saat itu saya tidak menemukan tomat dalam kemasan yang biasa saya gunakan sebagai bahan di supermarket yang biasa saya kunjungi. Saat saya mengunjungi pasar tradisional dan di sana harga buah tomat cukup murah yaitu hanya 6000 rupiah sekilo(harga berubah tergantung musim). Maka jika kita bandingkan maka tentu dengan membuat saus pasta tomat sendiri kita akan memperoleh saus pasta yang lebih banyak dengan harga bahan lebih murah. Maka saya putuskan untuk membuat saus pasta sendiri tentunya. Saus pasta tomat ala makantidurgadget.com dengan bahan yang lebih murah dan hasil lebih segar dari saus pasta kalengan berikut ini pembuatannya.

BAHAN PEMBUATAN SAUS PASTA TOMAT ALA MAKANTIDURGADGET.COM

Small plum tomato / tomat plum
Bahan utama tentunya adalah tomat. Untuk membuat saus ini pilih tomat matang, bisanya berwarna merah. Tomat yang matang lebih manis sedang tomat yang masih belum matang akan lebih asam dan teksturnya lebih keras. Tomat yang digunakan biasanya adalah tomat ukuran sedang atau besar.

Bahan-bahan:

1 kg tomat plum atau tomat ukuran sedang belah 4 dan blender(halus dan kasarnya hasil blender tergantung konsistensi saus yang diinginkan)

50 g gula kelapa atau aren yang sudah dipotong-potong

1 buah bawang bombay dicincang kasar

3 siung bawang putih dicincang halus

1 sendok makan garam (bisa ditambah atau dkurangi sesuai selera)

1 genggam daun kemangi yang dicincang

1 1/2 sendok teh kecap manis (bisa ditambahkan sesuai selera rasa manis yang diinginkan)

1/2 sendok teh oregano

perasan dari satu buah jeruk sambal

1 sendok makan cabai bubuk

3 buah cabai rawit dipotong tipis (opsional, jika tidak suka pedas dapat dilewati)

merica sesuai selera

minyak untuk menumis bawang (menggunakan minyak zaitun atau jika tidak ada bisa menggunakan minyak kelapa)

CARA PEMBUATAN SAUS PASTA TOMAT ALA MAKANTIDURGADGET.COM

Untuk membuat saus ini pertama kita tumis bawang bombay yang sudah dicincang. Setelah beberapa menit dan bawang terlihat lebih transparan masukkan bawang putih cincang. Tumis sebentar dan setelah aroma bawang putih mulai tercium masukkan tomat yang sudah diblender.

Setelah itu masukkan semua bahan lainya dan masak selama sekitar 10 menit dengan api kecil. Setelah sepuluh menit cicipi saus untuk menyesuaikan rasa sesusai keinginan. Ingat tambahkan bumbu sedikit demi sedikit sembari diaduk dan dicicipi, hal ini supaya kita tidak terlalu berlebihan menambahkan bumbu. Jika kita terlalu banyak menambah garam misalnya kita tidak dapat mengambilnya lagi. Maka lebih baik kita tambah sedikit demi sedikit rasa yang kurang sehingga bisa menghindari kesalahan tersebut.  Setelah rasa dianggap sudah pas, biarkan saus selama beberapa menit di atas api kecil sampai kekentalan yang dinginkan tercapai.

Saus ini bisa bertahan beberapa hari di lemari pendingin. Jika ingin disimpan lama sebaiknya di masukkan dalam plastik zip lock sesudah dibagi menjadi porsi satu kali pakai dan dibekukan. Dalam kondisi beku saus ini bisa bertahan beberapa bulan. Tentu jika kita akan menggunakan kita harus memanaskannya kembali.
Spagetti dengan bakso dan saus pasta tomat juga parutan keju
Saus ini nikmat disantap dengan spagetti dan juga bisa diolah lebih lanjut menjadi saus daging untuk lasagna. Bisa juga digunakan untuk topping pizza.

Demikian tadi saus pasta tomat ala makantidurgadget.com, semoga bermanfaat.

Summary
saus pasta tomat ala makantidurgadget.com
Article Name
saus pasta tomat ala makantidurgadget.com
Description
saus pasta tomat ala makantidurgadget.com ini merupakan saus yang bisa menjadi alternatif lebih murah dan lebih segar dari saus siap saji di supermarket
Author
Publisher Name
makantidurgadet.com
Publisher Logo
Andre ,

Andre ,

Orang yang sedikit nyentrik
Menyukai kuliner dan peduli dengan kandungan gizi makanan
Andre ,

Latest posts by Andre , (see all)

One thought on “saus pasta tomat ala makantidurgadget.com”

  1. maket miniatur says:

    mantap nih tutorialnya, bookmark dulu ya, sapa tau butuh nanti..hehe

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: