Browse By

tempe di luar negeri

Tempe adalah makanan umum yang dijumpai sehari-hari di Indonesia, murah dan bergizi. Pandangan masyarakat indonesia terhadap tempe tentu sebagai makanan murah untuk mencukupi gizi keluarga. Bahkan mungkin tempe dianggap makanan kurang berkelas yang umum dijumpai setiap hari. Resep masakan tempe seperti tempe bacem, kering tempe, tempe goreng, dan lainnya juga merupakan sesuatu yang sering dijumpai. Tetapi ternyata tempe atau biasa disebut tempeh dalam bahasa inggris ini sudah menjadi icon makanan sehat di dunia. tempe di luar negeri juga makanan dengan harga yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan harganya di Indonesia. Bahkan kita bisa menjumpai resep-resep ala luar negeri menggunakan tempe dalam masakan.

PERBANDINGAN HARGA TEMPE DI LUAR NEGERI DENGAN DI INDONESIA

Image result for organic tempehBanyak orang Indonesia yang mengeluh harga tempe mahal. Mereka mungkin belum tahu kalau harga tempe bisa 5 sampai 10 kali lipat di luar negeri. Tempe sudah dikenal di luar sebagai makanan sehat dengan protein esensial yang lengkap bahkan bisa menjadi sumber protein yang lebih baik dari daging. Itulah hebatnya orang Indonesia, sudah terlebih dulu menggunakan tempe sebagai sumber protein(walaupun sebenarnya setengah terpaksa karena harga daging mahal). Selain kandungan gizinya kesulitan lain adalah pengaturan suhu pembuatan tempe. Di iklim tropis seperti Indonesia jamur tempe akan tumbuh tanpa perlu mengatur suhu ruangan tempat pembuatan tempe. Tetapi di iklim dingin di luar negeri maka mereka membutuhkan inkubator untuk menumbuhkan jamur tempe. Itulah faktor- faktor yang membuat tempe jadi mahal di luar negeri.

Jadi bersyukurlah bangsa Indonesia karena tempe di sini itu “murah”. Kalau tidak percaya coba saja beli tempeh di Eropa atau Amerika. Dan juga satu sikap yang harus kita ubah adalah menganggap tempe sebagai makanan kelas bawah. Itu dalah salah besar. Tempe adalah makanan kualitas tinggi kalau tidak percaya ini penelitian tentang gizi tempe.

RESEP-RESEP TEMPE DI LUAR NEGERI

Tempe di dapur Indonesia sudah memiliki banyak variasi resep. Dengan menyebarnya tempe ke luar negeri makin bervariasi lagi resep yang bisa kita temui. Berikut ini beberapa diantaranya:

1.Tempeh Bacon

Sliced tempeh in bacon stripe/ tempe diiris panjang dan tipisMarinated tempehTempeh bacon on sandwich
Tempeh bacon adalah potongan tipis tempe yang dibumbui kemudian dimasak dan hasilnya digunakan seagai pengganti bacon. Ada berbagai resep tempeh bacon, yang kita pilih di sini adalah satu resep sederhana.

Bahan :

250 gram tempe yang dipotong tipis

3 sendok makan kecap asin

2 sendok makan cuka apel

1 1/2 sendok makan gula merah

1/2 sendok teh jinten bubuk

1 sendok makan bubuk cabe

1/2 sendok teh jahe bubuk

1 sendok makan minyak kelapa

Cara membuat :

Setelah tempe diiris tipis masukkan dalam wadah loyang tipis dan rendam dalam saus. Saus dibuat dengan mencampur semua bahan selain tempe dalam mangkok lalu aduk. Kemudian tutup loyang dengan plastik dan biarkan di lemari pendingin sampai beberapa jam atau semalaman. Keluarkan dari lemari pendingin dan biarkan sebentar pada suhu ruang dan panaskan oven 150 derajat celsius. Panggang tempe dalam oven 150 derajat celsius slama 10- 15 menit atau sampai kecoklatan. Setelah itu keluarkan dan biarkan mendingin. setelah agak dingin siap dihidangan.

2. Tempeh Burger

Tempe pada burger digunakan sebagai pengganti sumber protein hewani, dan rasa burger yang dihasilkan dari tempe ini bisa menyaingi burger daging. berikut ini beberapa video dari youtube yang menunjukkan beberapa variasi burger tempe: https://www.youtube.com/watch?v=5FqZ0cLHdxA, https://www.youtube.com/watch?v=rytcO1hD1aM, https://www.youtube.com/watch?v=K43ldWYOeWUTempeh burger on bun with spicy sauce and pickle

Sebenarnya banyak resep lain tapi saya pilih tiga resep diatas, kerena para chef pembautnya terlihat profesional. Pada ketiga resep ini ditunjukkan bahwa pada dasarnya kita bisa mengkombinasikan berbagai bahan menjadi resep burger tempe. Bahan pengikat untuk membentuk tekstur yang digunakan juga bisa beragam dari tepung, flax seed, tortilla chip, dan remah roti(bread crumb). Jadi jika sudah paham dasar pembuatannya bisa saja anda menciptakan kombinasi sendiri untuk membuat burger.

3. Orange Glazed Tempeh

Orange glazed tempeh(tempe saus jeruk) ini dibuat oleh Jason Wrobel, pada dasarnya resep ini mirip dengan kering tempe. Perbedaannya adalah pada resep ini tidak menggunakan sambal melainkan saus jeruk. Berikut ini link ke videonya https://www.youtube.com/watch?v=uJPHdpBG4K0

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat resep ini:

250 gram tempe yang dipotong kecil(bisa berupa stick atau segitiga sesuai selera) yang kemudian digoreng

Bahan saus: 250 ml jus jeruk(bisa peras sendiri atau beli jus kotakan), 1 sendok teh jahe parut, 2 siung bawang putih cincang halus, 2 sendok teh kecap asin, 1 1/2 sendok mirin, 2 sendok makan madu, 1/2 sendok teh keumbar bubuk, sedikit merica

cara membuatnya mudah cukup masak tempe yang sudah digoreng diatas wajan dan masukkan saus jeruk dan masak selama 10 menit sampai saus mengental dan siap .

Tempe di luar negeri dikenal sebagai makanan sehat dan khususnya populer di antara para vegetarian. Karena itu resep diatas semuanya adalah rese aman untuk vegetarian. Di Indonesia sendiri tempe sudah jadi favorit para vegeterian sejak lama. Dan diantara resep itu ada juga resep favorit seperti steak tempe, mungkin akan kita bahas lain kali kalau ada kesempatan. sebenarnya masih banyak lagi resep tempe yang bisa digali dari masakan luar tetapi untuk kesempatan ini kami hanya membahas beberapa.

Dengan tulisan ini mudah-mudahan bisa melebarkan pandangan kita tehadap tempe, dan memberi inspirasi untuk membuat makanan dari tempe. terima kasih.

Summary
tempe di luar negeri
Article Name
tempe di luar negeri
Description
Tempe di luar negeri yang menjadi icon kesehatan bagi masyarakat di luar Indonesia merupakan makanan dengan kualitas gizi bagus yang harus diapresasi
Author
Publisher Name
makantidurgadet.com
Publisher Logo
Andre ,

Andre ,

Orang yang sedikit nyentrik
Menyukai kuliner dan peduli dengan kandungan gizi makanan
Andre ,
%d blogger menyukai ini: