Browse By

Apa itu Bixby pada Samsung Galaxy S8? Apakah akan Sukses?

Samsung mengambil kesempatan dari Unpacked Event miliknya tidak hanya untuk memperesentasikan flagship terbarunya ( S8 dan S8+ ) tapi juga beberapa hal baru dalam hal hardware dan teknologi. Di antaranya adalah asisten pintar Bixby. Mungkin Bixby memang tidak seberhasil yang diharapkan Samsung, tapi kita tidak boleh terlalu cepat menghakiminya dan Bixby masih punya potensi. Apa itu Bixby? Cari tahu dengan scroll ke bawah.

Apa itu Bixby?

apa itu bixby main

Singkat kata, Bixby adalah nama dari asisten pintar Samsung. Selain itu, asisten pintar lainnya adalah Google Assistant, Siri (Apple), Cortana (Microsoft) dan Alexa (Amazon). Dua yang terakhir biasanya tidak dapat ditemukan pada smartphone dan dengan demikian, kita bisa menganggap bahwa ini akan menjadi pertempuran antara Apple, Google dan Samsung. Pada kenyataannya, Bixby tidak bermain persis di lapangan yang sama dengan yang lain.

Bixby adalah voice interface yang bertujuan untuk menggantikan layar sentuh: secara teori, kamu dapat menggunakan suara untuk melakukan apa pun yang biasanya dilakukan dengan menyentuh layar. Untuk mengaktifkannya, kamu harus menekan tombol di samping telepo. Kamu tidak dapat meluncurkannya melalui deteksi perintah suara, yang mungkin diharapkan. Sistem voice interface mungkin berguna secara teori (misalnya, jika kamu melakukan kegiatan di luar ruangan) tetapi prakteknya, pengguna tampak enggan untuk “berbicara dengan ponsel mereka”. Terutama ketika mereka tidak sendiri. Kedatangan asisten ini dan implementasinya di pasar juga bisa mengubah hal ini.

Kamu juga bisa menyuruh kamera melakukan sesuatu: “mencari foto dari London”, “pilih satu”, “kirim ke Udin”, dan seterusnya. Meskipun Samsung telah menempatkan banyak penekanan pada sistem “kontrol suara”, Bixby juga memiliki fungsi lain. Seperti mengontrol perangkat yang terhubung ( smart home ) dengan Samsung Connect. Selain itu, interface Bixby terlihat sangat mirip dengan Google Now.

Penggunaan Bixby masihterlihat sangat jauh: kamu dapat menggunakan kamera S8 Anda / S8 + untuk mendeteksi element dari sebuah objek dan melaksanakan pencarian atau terjemahan. Kamu mungkin telah mendengar salah satu mitra Bixby, Vivino, dimana kamu menempatkan sebotol anggur di depan kamera dan melalui Vivino, Bixby akan menyajikan informasi tentang anggur tersebut.

Apa masalahnya dengan Bixby?

apa itu bixby infographic

Saya telah melihat presentasi Bixby tapi saya tetap agak kecewa … Salah satu fungsi utamanya adalah untuk bereaksi terhadap perintah suara tapi hasilnya tidak terlalu baik: lambat dan hasilnya tepat. Perangkat lunak yang disajikan tidak bekerja dengan standar tinggi dalam demonstrasi pers bukanlah salah satu pendekatan terbaik … Samsung mengumumkan bahwa mereka masih memiliki banyak PR yang harus dilakukan, sehingga kamu mungkin akan cukup cepat mendapatkan update pada S8 atau S8 + untuk meningkatkan kinerja.

Satu lagi masalah lain yang potensial: Bixby tidak dapat melakukan apa yang dapat dilakukan Google Assistant, tapi Google Assistant dapat melakukan banyak hal yang Bixby tidak. Tujuan Bixby adalah untuk menonjolkan diri melalui manajemen yang lebih baik dan perintah suara, yang bukan forte dari Google Assistant. Adapun menu informasi, tidak tampak jauh berbeda dari Google Now. Google Assistant tersedia pada S8, dan Bixby, jadi kita akan melihat dari waktu ke waktu apa yang lebih disukai pengguna, atau bahkan tak satu pun dari keduanya.

Ada kekhawatiran lain yang mudah-mudahan akan terselesaikan di jangka pendek dan menengah, tentu saja, masalah bahasa. Bixby saat ini hanya tersedia dalam bahasa Inggris dan Korea, sehingga masih perlu waktu untuk dapat dianggap sebagai sesuatu yang global.

Jangan terburu-buru untuk Menghakimi

apa itu bixby vivino

Seperti yang saya katakan di atas, Bixby belum sempurna, ia akan menerima update untuk bekerja dengan benar. Biasanya, dalam waktu yang tidak terlalu lama, asisten menjadi lebih cepat dan lebih akurat. Karena tidak memahami perintah suara seharusnya adalah masalah yang cukup serius. Produsen Korea belum mengatakan apa-apa tentang masalah terjemahan tetapi hanya masalah waktu sebelum kita memiliki alat yang berfungsi penuh. Mari kita berharap bahwa Samsung akan lebih cepat dengan pembaruan ini.

Kemitraan dengan Vivino dan integrasi Google Translate menunjukkan bahwa Samsung tidak ingin kesepian. Dan layanan lainnya mungkin masih akan bertambah. Seiring waktu, potensinya harus lebih ditingkatkan, jadi pertanyaan sesungguhnya adalah apakah layak menggunakan dibanding Google Assistant, atau bahkan keduanya sekaligus. Samsung ingin menjadi pragmatis: tidak membuang-buang waktu dengan fungsi yang tidak perlu. Sebaliknya akan beradaptasi dengan harapan pengguna untuk menawarkan mereka apa yang diinginkan.

Samsung memutuskan untuk membuat Bixby dan bahkan mengalokasikan tombol fisik pada perangkat. Sehingga pasti yakin dalam analisis pasar sebelum membuat keputusan karena jika Bixby gagal, pengguna tidak hanya akan terjebak dengan tombol tak berguna pada sisi S8 mereka atau S8 + tapi Samsung akan menemukan dirinya (sekali lagi) menerima banyak hinaan.

Apa itu Bixby akan sukses atau tidak hanya waktu yang bsia menjawab. Tapi masih ada potensi dan sampai kita melihat versi final, kita tidak bisa benar-benar menarik kesimpulan. Sekarang kita harus bersabar dan duduk tenang sampai versi final yang ditunggu muncul …

Apa komentarmu? Apa itu Bixby membuat kamu lebih antusias? Beri tahu saya melalui komentar di bawah.

 

ikutilah aku

yerimia

Seseorang yang lebih menyukai gadget daripada makan 3 kali sehari.
Sekarang, dia sedang mengemban tugas suci untuk membuka mata para pembaca mengenai gadget dan game.
ikutilah aku

One thought on “Apa itu Bixby pada Samsung Galaxy S8? Apakah akan Sukses?”

  1. Pingback: Yerimia , (yerimia) | Pearltrees
  2. Trackback: Yerimia , (yerimia) | Pearltrees

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: