Browse By

Membuat acar sederhana dengan mentimun dan kol

Salah satu makanan khas Indonesia acar, bisa memberi rasa segar sebagai pendamping makanan. Kita bisa membelinya  tentu saja, bahkan jika kita membeli makanan biasanya sudah diberikan acar sebagai pendamping. Teapi kualitas kesehatan dan higienitas tentu akan lebih terjamin jika kita buat sendiri. Selain itu dengan membuat acar kita bisa memanfaatkan sayuran yang kita inginkan. Penyimpanan acar juga cukup lama karena keasaman dan kandungan garam dan gula yang akan menghambat pertumbuhan mikroba. Jika kita simpan di lemari pendingin maka dapat bertahan 1- 2 bulan.

MEMBUAT LARUTAN UNTUK ACAR

Untuk membiat acar pertama yang harus disiapkan adalah larutan yang akan digunakan untuk menyimpan sayur dan buah di dalamnya. Resep larutan yang dibuat disini adalah basic dan bisa disesuaikan sesuai bahan yang digunakan. Misalnya menambahkan irisan cabe atau cabe bubuk untuk membaut acar lebih pedas.

Resep ini untuk mengisi wadah gelas 1 liter dengan acar, jadi jika akan membuat lebih banyak atau sedikit tinggal disesuaikan saja ukurannya.

Bahan untuk membuat larutan adalah 500 ml air. Selain itu 120 ml gula (sekitar 6 sendok makan gula), 1 sendok teh garam, dan 60ml cuka.

Cara membuatnya kita panaskan air sampai mendidih. Masukkan gula dan garam, kemudian aduk sampai larut. Setelah larut matikan api dan biarkan beberapa detik, dan kemudian masukkan cuka. Aduk dan larutan siap dipakai untuk membuat acar.

MEMBUAT ACAR MENTIMUN

Mentimun
Acar yang paling umum adalah acar timun. Untuk membuatnya kita hanya membutuhkan mentimun yang sudah dicuci dan kemudian dipotong-potong. Besar potongan sesuai selera, umumnya dipotong dadu. Kulit mentimun bisa kita kupas atau bisa juga dibiarkan saja jika sudah dicuci bersih. Mentimun yang sudah dipotong-potong ini kemudian dimasukkan dalam wadah kaca dan ditambahkan larutan yang sudah dibuat diatas. Larutan ditambahkan dalam keadaan masih panas untuk memblansir bahan sehingga membantu daya simpan acar. Kemudian kita hanya perlu menunggu sampai acar dingin dan bisa langsung dikonsumsi atau disimpan di lemari pendingin.

Kalau hanya mentimun saja tentu rasanya ada yang kurang, untuk acar mentimun biasanya dalam resepnya ditambahkan bawang dan cabe.

Untuk wadah satu liter (jumlah larutan sama dengan diatas), saya biasa mengunakan 3 mentimun sedang, 8 siung bawang merah, dan 10 cabe rawit, dan juga 2 buah wortel ukuran kecil yang dipotong seukuran korek api.

MEMBUAT ACAR KOL

Satu lagi acar yang biasa dibuat selain acar mentimun adalah acar kubis atau kol. Untuk wadah satu liter biasanya digunakan 1 buah kol ukuran sedang. Kol yang digunakan dibuang bagian tulang daunnya, dan kemudian diiris/ dipotong sesuai ukuran yang diinginkan.

bahan lain yang ditambahkan biasanya 3 siung bawang, 5 buah cabe rawit, juga satu buah daun jeruk yang diiris tipis, dan 2 buah beimbing wuluh yang dipotong-potong.

Selanjutnya sama dengan proses diatas yaitu masukkan bahan dalam wadah dan tuangkan larutan diatas dalam wadah. Biarkan dingin dan siap disimpan.

Banyak variasi acar yang lain yang bisa dibuat dengan menambahkan buah misalnya dengan nanas. Juga masih banyak vaiasi lain yang bisa anda coba.

Acar biasanya saya buat dengan mengukur bahwa acar akan habis terkonsumsi dalam waktu sekitar satu bulan. Jadi silahkan seusaikan jumlah resep sesuai dengan banyaknya konsumsi acar anda dalam satu bulan. Hal ini supaya acar tetap segar karena kita membuatnya tiap bulan.

Sekian resep acar ala makan tidur gadget , semoga bermanfaat.

Summary
Membuat acar sederhana dengan mentimun dan kol
Article Name
Membuat acar sederhana dengan mentimun dan kol
Description
Membuat acar sendiri bisa menjadi salah satu hal menyegarkan bagi menu makanan kita karena acar mudah dibuat dan dapat dipadukan dengan berbagai makanan.
Author
Publisher Name
makantidurgadet.com
Publisher Logo
Andre ,

Andre ,

Orang yang sedikit nyentrik
Menyukai kuliner dan peduli dengan kandungan gizi makanan
Andre ,

2 thoughts on “Membuat acar sederhana dengan mentimun dan kol”

  1. sprintbahasa indonesia says:

    He took me out to the end of the baths picked me up and threw me off
    the diving board.

  2. sprintbahasa indonesia says:

    He took me out to the end of the baths picked me up and threw
    me off the diving board.

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: