Browse By

jeruk bali si kulit tebal yang eksotis

Jeruk bali adalah buah jeruk dengan kulit yang tebal dan bulir buahnya berwarna merah muda. Jeruk ini memiliki rasa yang lezat jika matang dan akan terasa pahit jika masih kurang matang. Banyak yang tidak tahu bahwa buah ini memiliki banyak manfaat kesehatan. Kandungan serat pada buah ini membuat buah ini baik untuk pencernaan. Kandungan potasiumnya memberi manfaat kesehatan bagi tulang dan tekanan darah. Buah ini juga kaya vitamin C. Buah ini kalah populer jika dibandingkan dengan saudara-saudaranya jeruk yang lain. Walau demikian rasa dan manfaat kesehatan buah ini tidak kalah berpotensi jika dibandingkan jeruk yang lain.

KULIT JERUK BALI YANG TEBAL

Jeruk bali / pomelo dengan warna bulir kemerahan
Salah satu yang mengintimidasi orang dari jeruk ini adalah kulitnya yang tebal. Memang benar jika dibandingkan dengan mengupas kulit jeruk lain maka mengupas kulit jeruk ini lebih sulit. Tetapi itu jika 1 jeruk bali dibandingkan dengan satu jeruk biasa. Kalau kita mengupas satu buah jeruk bali matang maka bagian buah yang bisa kita makan hasilnya akan sebanding dengan megupas sekitar 10 buah jeruk biasa. Kalau dibandingkan hasilnya seperti itu saya rasa pantas kita berusaha mengupas kulit jeruk ini.

Lagipula mengupas kulit jeruk ini tidak terlalu sulit. Pertama kita potong sedikit bagian kulit tebalnya di bagian atas. Setelah itu kita potong sedikit arah ke dalam supaya kulit bisa kita tarik dan kelupas. Setelah itu kita potong dengan pisau per bagian dan kupas kulit bagian dalam . Akhirnya kita bisa menikmati bulir bagian dalam yang menyegarkan.

Bagian kulit ini dulu biasa dimanfaatkan untuk mainan mobil-mobilan. Kalau sekarang mungkin sudah kalah dengan mainan mobil-mobilan plastik, tapi masih bisa kita manfaatkan. Salah satunya menjadi manisan.

METODE MENGGUNAKAN JERUK BALI / POMELO

Setelah mengupas dan mendapat bagian bulirnya, kita bisa memanfaatkan bagian ini setelah membuang biji dan kulit bagian dalam. Berikut ini beberapa cara penggunaannya:

  • tentunya dinikmati langsung sebagai buah segar.
  • dinikmati dengan bumbu rujak buah, bisa dimakan sendiri atau dipadukan buah lain.
  • menggunakan bulirnya dalam sari buah atau jus sehingga menjadi minuman bebulir jeruk.
  • menggunakannya sebagai bahan salad.
  • menggunakannya sebagai bahan maakan lainya, seperti puding buah, sagu mangga pomelo, dan lainnya.

Jeruk bali / pomelo dibanding jeruk lain ukurannya lebih besar
Selain kegunaannya yang beragam buah ini juga kan betahan cukup lama di lemari pendingin. Salah satu buah dengan yang saya rasa popularitasnya pantas menyaingi bahkan melebihi jeruk. Karena jika dihitung nilai ekonomi dari volume bulir buah yang lebih banyak dari jeruk lain dengan harga sama maka buah lebih ekonomis.

Banyak keunggulan yang kita bisa peroleh dari jeru bali / pomelo ini. Maka kami berharap sedikit pembahasan tentang jeruk bali ala makan tidur gadget ini bisa bermanfaat. terima kasih.

Summary
jeruk bali si kulit tebal yang eksotis
Article Name
jeruk bali si kulit tebal yang eksotis
Description
jeruk bali / pomelo adalah jeruk paling besar dan paling tebal, dalam kulit tebalnya tersimpan potensi rasa dan gizi bagi siapa yang berusaha mengupasnya
Author
Publisher Name
makantidurgadet.com
Publisher Logo
Andre ,

Andre ,

Orang yang sedikit nyentrik
Menyukai kuliner dan peduli dengan kandungan gizi makanan
Andre ,

Latest posts by Andre , (see all)

%d blogger menyukai ini: