Browse By

butternut squash labu madu yang manis dan misterius

Labu madu / butternut squash adalah salah satu labu dengan rasa manis. Labu ini memiliki kandungan nutrisi yang baik. Labu ini memiliki kandungan vitamin A dan E yang baik juga merupakan sumber serat yang cukup baik. Kandungan serat dan polinutrien yang cukup baik dan tidak adanya kandungan lemak jenuh. Hal ini membuat labu butternut direkomendasikan sebagai makanan diet. Labu ini sebelum diolah menjadi masakan biasanya dipanggang terlebih dahulu supaya lunak.

MENGKONSUMSI LABU MADU / BUTTERNUT SQUASH MENTAH

Labu butternut / butternut squash
Bisakah kita mengkonsumsi labu ini dalam keadaan mentah(belum dimasak)? yes we can, maksud saya bisa. Labu ini bisa di potong tipis dan kecil untuk kemudian digunakan sebagai bahan salad. Satu hal yang perlu diperhatikan jika memotong labu ini gunakan pisau yang tajam. Dalam keadaan matang sekalipun labu ini cukup keras sehingga pisau yang tajam memudahkan pemotongan. Berhati-hati saat memotong labu karena labu cukup keras dan licin.

Satu resep lagi yang bisa dengan baik menggunakan labu ini dalam keadaan belum dimasak yaitu smothies. Ya lagi-lagi smoothies, sebelumnya ada smoothies pisang, kali ini kita bawakan resep smoothies labu madu / butternut squash.

resepnya sederhana pertama kita belah dua labu dan ambil bagian bijinya. Bijinya bisa dibuang atau jika mau bisa dipanggang untuk menjadi makanan ringan. Kemudian kupas kulit labu. Potong-potong labu menjadi kotak, maka labu siap dimasukkan blender(masukkan 250ml atau satu gelas labu). Setelah labu masukkan juga susu, susu kedelai, atau susu kacang mede dalam blender sebanyak 200ml. Masukkan 5-10 buah (sesuai selera)kurma yang sudah dibuang bijinya. Masukkan sekitar 50 ml bagian dalam(seperti gel) lidah buaya beku (yang sudah dikupas kulitnya sehingga hanya bagian dalamnya). Masukkan juga 1/4 sendok teh kayu manis bubuk dan 1/8 sendok teh pala bubuk dan blender beberapa menit sampai halus. Setelah diblender maka smoothies siap disajikan.

MENGOLAH LABU BUTTERNUT SQUASH

Untuk mengolahnya menjadi makanan biasanya memang labu ini dipanggang terlebih dahulu supaya menjadi lunak. Untuk memanggangnya kita bisa memangang satu labu utuh atau memotong-motongnya terlebih dahulu.

Kalau mau dipanggang utuh juga bisa tetapi memakan waktu lebih lama. Jika akan memanggang utuh labu ini maka sebaiknya tusuk-tusuk dahulu dengan garpu atau pisau sebelum dipanggang. Ini dilakukan supaya ada lubang untuk uap air keluar. Kemudian panggang pada suhu 200 derajat celsius selama 40 – 60 menit, tergantung ukuran labu.Labu madu butternut squash yang dibelah dua / butternut squash cut in half
Labu madu butternut squash potong dadu / cubed butternut squash
Kita bisa memotong labu terlebuh dahulu menjadi belah dua atau kotak- kotak. Maaf maksud saya potong dadu (nanti saya dikira anggota tim sukses lagi kalau pakai istilah kotak-kotak). Untuk potongan belah dua di panggang sekitar 30-45 menit pada suhu 200 derajat celsius agar lunak. Untuk Potongan dadu cukup 15-20 menit(tergantung ukuran potongan) pada suhu yang sama.

Pada saat belum dipanggang taburi dengan garam, merica dan sedikit minyak (bisa minyak sawit, minyak zaitun,  atau yang lain). Bisa juga ditaburi rempah seperti bubuk kayu manis, ketumbar, bubuk kari, atau rempah lain.
Labu madu butternut squash yang dibelah dua dan dipanggang / butternut squash halved and bakedLabu madu butternut squash potong dadu setelah dipanggang / baked butternut squash cube
Setelah dipanggang labu ini dapat langsung dikonsumsi, rasanya manis dan mirip dengan mengkonsumsi french fries (yang dipotong dadu). Setelah dipanggang maka kita bisa menggunakan labu ini untuk diolah lebih lanjut menjadi masakan.

BEBERAPA RESEP YANG COCOK MENGGUNAKAN LABU MADU BUTTERNUT SQUASH

Ada beberapa resep dari luar yang menggunakan labu ini. Labu ini memiliki fleksibilitas dalam penggunaannya, setelah dipangang labu ini bisa diolah menjadi sup. Labu ini juga cocok diolah men jadi dessert seperti pie dan kue. Labu ini juga cocok dikonbinasikan dengan masakan daging. Bahkan labu ini juga cocok dikombinasikan sebagai bahan masakan kari.Baiklah langsung kita ulas resep pertama

Sambal goreng labu madu (butternut squash) dengan ati ampela ayam

Bahan-bahan:

500 g labu madu (butternut squash) yang sudah dipotong dadu dan dipanggang

300 g ati ampela ayam yang sudah dipotong-potong dan digoreng

50 ml air garam

1 sendok makan gula

1 sendok teh garam

sedikit minyak untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan:

15 buah cabe merah

2 siung bawang putih

2 kemiri

7 buah bawang merah

5 buah cabe tawit

2 lembar daun jeruk

1 batang serai

Cara membuatnya adalah:

  • pertama tumis bumbu yang dihaluskan sampai harum
  • masukkan air asam gula dan garam
  • kemudian masukkan labu dan ati dan aduk sampai rata beberapa menit. Dan hidangan siap dihidangkan.

Resep kedua adalah french fries labu madu butternut squash. Cara membuatnya hampir mirip dengan pembuatan french fries mantang. Hanya saja kita tidak perlu merendam potongan labu sehingga resep ini lebih mudah dibuat.

Metode pembuatan french fries labu madu butternut squash:

  • labu madu butternut squash yang dikupas kulitnya dan dibuang bijinya, kemudian dipotong-potong seukuran french fries.
  • kemudian tambahkan sedikit minyak, garam, merica, bubuk kari, dan bubuk cabai (atau kalau suka rasa manis bisa menambahkan bubuk kayu manis).
  • setelah itu panggang selama 30 menit pada suhu 200 derajat celsius (pada pertengahan waktu memanggang balik permukaan labu supaya matang merata)
Resep spesial ala makan tidur gadget , bakso isi labu madu / butternut squash dan keju

Bahan-bahan:

250 gram labu madu butternut squash yang sudah dipotong dadu dan dipanggang

250 gram daging tetelan giling

250 gram daging ayam giling

200 gram keju lunak(saya gunakan keju lunak buatan sendiri, tetapi anda bebas menggunakan keju lunak lain) tamabahkan sedikit gram dan merica untuk memberi rasa

5 buah cabe rawit cincang halus

150 ml remah roti (cukup proses roti tawar dengan blender atau food processor)

1 siung bawang putih dicincang halus

1 butir telur

1 sendok teh saus tiram

1/2 sendok teh oregano

1/4 sendok teh jinten bubuk

1/4 sendok teh ketumbar bubuk

1 sendok makan cabe bubuk

1 sendok teh garam

1/2 sendok teh gula

merica sesuai selera

Cara membuatnya:

    • pertama campurkan semua bahan kecuali labu dan keju untuk membuat adonan bakso, aduk sampai rata dengan tangan
    • simpan adonan bakso di lemari pendingin selama beberapa saat supaya lebih mudah dibentuk
    • bentuk bola keju dengan labu dibagian tengahnya

Labu madu butternut squash yang dipotong kotak dan dibalur keju menjadi bola keju / butternut squash cube coated with soft cheese into ball

    • kemudian bungkus bola keju dengan adonan bakso

Bola keju dengan potongon labu madu butternut squash yang dimasukkan dalam bakso / cheese ball with butternut squash cube inside meatball

    • kemudian letakkan bakso yang sudah terbentuk diloyang yang dialasi kertas roti

Meatball ready to bake

  • panggang 20-30 menit pada suhu 200 derajat celsius

setelah dipanggang bakso siap disajikan atau bisa juga disimpan di freezer selama beberapa minggu. Untuk resep ini separuh daging yang digunakan adalah tetelan karena kandungan lemaknya sehingga bakso lebih gurih. Jika tidak ingin terlalu berlemak maka bisa diganti daging sapi giling biasa atau daging ayam semua.

Labu manis yang masih misterius dan belum dikenal

Melihat potensi rasa yang ditawarkan labu ini tentu hal itu sangat disayangkan bahwa labu ini masih kurang dikenal. Selain rasa yang enak, labu ini juga bisa bertahan lama jika disimpan dilemari pendingin. Sehingga bisa menjadi salah satu stok sayuran di penyimpanan yang tahan super lama. Bagaimana menarik bukan? sebenarnya masih banyak lagi yang bisa dibahas dari cara penggunaan labu ini. Artikel ini hanya sekelumit perkenalan tentang labu madu, dan akan menyisakan ruang untuk kreatifitas anda dan bantuan mesin pencari untuk menemukan hal lainnya.

Sekian pembahasan tentang cara penggunaan labu madu / butternut squash ala makan tidur gadget semoga bermanfaat.

 

Summary
butternut squash labu madu yang manis dan misterius
Article Name
butternut squash labu madu yang manis dan misterius
Description
Butternut squash adalah labu misterius yang belum umum bagi masyarakat Indonesia, dari segi rasa dan nilai kesehatan labu sangat bagus, juga baik buat diet.
Author
Publisher Name
makantidurgadet.com
Publisher Logo
Andre ,

Andre ,

Orang yang sedikit nyentrik
Menyukai kuliner dan peduli dengan kandungan gizi makanan
Andre ,
%d blogger menyukai ini: