Browse By

mi konyaku(shirataki noodle) merupakan mi dengan kalori terendah

Buat penggemar mi yang merasa mereka butuh diet sehat, kami berikan solusinya mi rendah kalori, mi konyaku. Mi dari tepung konjac biasa dikenal dengan nama shirataki noodle. Mi ini juga baik untuk kesehatan saluran pencernaan dan manfaat kesehatan lainnya. Buat kalian yang penggemar mi mungkin akan merasa bahwa teksturnya agak berbeda dengan mi biasanya. Tetapi keunikan tekstur yang kenyal itu menjanjikan potensi untuk menghasilkan masakan mi yang lezat jika diolah dengan tepat.

TAHAP PERSIAPAN UNTUK MENGOLAH MI KONYAKU(SHIRATAKI NOODLE)

Mi konyaku direbus dengan teh untuk menghilangkan bau amis/shirataki noodle boiled in tea to remove the smell
Mi konyaku biasanya dijula dalam wadah yang mengandung cairan, jadi pertama kita buka kemasan dan pisahkan mi dari cairan. Kemudian cuci mi sambil memisahkan mi agar tidak mengumpul dan terkesan menggumpal. Sesuai dengan petunjuk ada pada kemasan, mi ini perlu direbus beberapa menit untuk menghilangkan aroma yang agak amisnya.

Jika perebusan anda rasa tidak cukup untuk menghilangkan bau pada mi, maka salah satu cara yang bisa digunakan adalah menambahkan teh celup pada saat perebusan.

Mi bisa pula di goreng, maka salah satu cara yang bisa digunakan adalah menggoreng mi dengan minyak dan bawang putih. Ini akan mengurangi air sehingga mi tidak terkesan terlalu basah dan memberi aroma bawang pada mi. Bisa juga menggunakan rempah lain misalnya kemangi atau rosemary saat menggoreng jika tidak suka aroma bawang putih.

CARA SEDERHANA MEMANFAATKAN MI KONYAKU(SHIRATAKI NOODLE)

Ada beberapa resep atau mungkin lebih tepat dikatakan metode pemanfaatan mi ini dengan mudah. Berikut ini beberapa diantara sekian banyak yang bisa dengan sederhana dilalkukan:

    • Mi konyaku soto. Siapkan mi dengan direbus(saya merebusnya dengan teh untuk menghilangkan aroma amis). Setelah itu tiriskan. Kemudian rebus dengan soto ayam(soto ayam bisa dibeli dari tukang soto depan komplek atau  bisa dibuat sendiri). Tambahkan garam, kecap manis dan merica untuk menyesuaikan rasa sesuai selera kamu. Dan dalam tempo singkat maka mi soto ayam sudah jadi (kecuali jika bikin soto sendiri).

Mi konyaku soto ayam / shirataki noodle in indonesian chicken soto

    • Mi konyaku bakso. Siapkan mi sama seperti diatas(rebus dengan teh dan tiriskan). Lalu tunggu tukang bakso lewat(atau bikin bakso sendiri biar lebih sehat). setelah bakso didapat maka masak kembali mi dalam kuah bakso. Tada!! mi konyaku bakso siap.

Bakso / indonesian meatball soup

  • Mi konyaku saus spaggetti. Panaskan minyak diatas wajan, kemudian masukkan bawang putih cincang 2-3 siung. Setelah bawang aroma harum bawang tercium masukkan  mi yang sudah direbus dan ditiriskan. Goreng beberapa saat sambil memisahkan mi agar tidak mengumpul. Kemudian masukkan saus daging untuk spagetti  dan aduk  sampai merata. Setelah itu matikan sumber panas dan mi konyaku ala spagetti siap disantap.

Dari mi ini kita bisa membuat berbagai mi, seperti kata spongebob yang membatasi kita hanyalah kemampuan berimajinasi. Jadi masih banyak resep mi di luar sana yang bisa diaplikasikan kepada mi konyaku.

Selain dari kelebihan dari segi kesehatan, ada satu lagi kelebihan mi ini yaitu mi ini tdak akan mangkrak (seperti proyek pembangunan pembankit tenaga listrik?). Bukan bukan seperti proyek tersebut tapi mi ini tidak akan menngmabng dan teksturnya tidak akan kehilangan kekenyalan. Hal itu biasanya dialami oleh mi yang terlalu lama direndam kuah. Tetapi pada mi ini teksturnya akan bertahan .

Sekian tadi pembahasan tentang mi konyaku(shirataki noodle) ala makan tidur gadget, semoga bermanfaat.

Andre ,

Andre ,

Orang yang sedikit nyentrik
Menyukai kuliner dan peduli dengan kandungan gizi makanan
Andre ,

Latest posts by Andre , (see all)

%d blogger menyukai ini: