Browse By

haruskah mengkonsumsi garam beryodium setiap saat?

Manusia memang membutuhkan sejumlah kecil yodium untuk pertumbuhan dan mengatur metabolisme, salah satu sumbernya dari garam beryodium. Sebenarnya kita dapat memperoleh yodium dari sumber lain seperti ikan, rumput laut dan makanan lainnya. Jadi pada dasarnya jika pola makan kita sudah sehat kita tidak perlu menggunakan garam beryodium. Tetapi pola makan sehat seringkali diabaikan, pada saat seperti ini tentu menggunakan garam beryodium menjadi keharusan.

ALTERNATIF GARAM SELAIN GARAM BERYODIUM

Garam beryodium/iodized table saltHimalyan rock salt/garam batu himalaya yang berwarna merah jambu
Selain garam beryodium paling umum dijumpai di pasaran tentu ada pilihan garam lain di luar sana yang bisa digunakan. Berikut ini beberapa garam lain yang ada:

  • garam laut kasar yang belum diolah lebih lanjut dan belum ditambahkan yodium
  • rock salt atau garam batu yang beasal dari pegunungan, salah satunya dari himalaya
  • garam berbumbu yang biasanya sudah ditambahkan bumbu untuk memberi rasa lebih dalam dan digunakan untuk meningkatkan rasa masakan, contohnya adalah garam bawang putih(garlic salt)
  • garam yang  diasapi (smoked salt)

Sebenarnya masih banyak lagi jenis garam yang lainnya. Tetapi memang selain garam meja beryodium garam lain akan sangat sulit ditemukan. Garam berbumbu misalnya hanya saya temui di supermarket besar di kota saya dan harganya sangat mahal jika dibanding garam biasa.

SAAT DI MANA KITA TIDAK PERLU ATAU SEHARUSNYA TIDAK MENGGUNAKAN GARAM BERYODIUM

Ada beberapa momen kita tidak harus mengunakan garam beryodium atau bahkan kita harus mengunakan garam tanpa tambahan yodium. berikut ini beberapa diantaranya:

  • Saat kita menggunakan garam untuk fermentasi. Misalkan kita ingin membuat kimchi atau seurkraut maka diresep tentu membutuhkan garam. Dengan tingkat kandungan garam yang sesuai maka akan memberikan kondisi ideal fermentasi untuk mikroba. Tetapi jika kita gunakan garam beryodium maka fermentasi kemungkinan besar akan gagal. Kandungan yodium tinggi akan membunuh mikroba yang diinginkan untuk tumbuh. Kerena itu biasa diresep diminta garam laut kasar yang belum ditambah yodium.
  • Saat kita memasak makanan dari ikan atau makanan laut lainnya. Makanan laut sudah memiliki kandungan yodium yang cukup. Pada saat seperti ini kita tentu boleh saja menggunakan garam biasa tetapi jika memiliki garam berbumbu tentu akan lebih mantap menggunakan garam berbumbu.

Harga garam selain garam meja biasa sangat mahal, kecuali garam laut kasar tentunya. Untuk mensiasati aharga garam berbumbu yang mahal ini ada resep garam berbumbu sederhana ala makan tidur gadget.

Bahan:

250 ml garam kasar (atau garam meja biasa kalau memang susah mencari yang lain)

1 sendok teh bawang putih bubuk

1 sendok teh cabe bubuk

4 sendok teh merica bubuk

1/2 sendok teh bawang bombay bubuk

Cara membuat adalah dengan memasukkan ke bagian grinder dari blender kemudian blender sampai rata, jika tidak punya blender bisa dengan memasukkan bahan ke dalam wadah dan dikocok sampai rata.

Satu lagi pengalaman yang ingin saya bagikan adalah sulitnya mencari garam laut kasar yang belum beryodium dipasaran. Garam kasar ini harganya murah tetapi sudah jarang ditemui di pasar tradisional sekalupun. Sekarang di supermarket besar dapat kita temui garam kasar import yang mahal sekali. Untuk yang ingin mencari garam kasar lokal mungkin sebaiknya mencoba melalui sumber toko online, sepertinya ada beberapa yang menjuanya di sana.

Garam adalah kebutuhan yang cukup vital, tetapi mengkonsumsi berlebih tentu kurang baik bagi kesehatan. Gunakan garam secara bijak dan tingkatkan pola makan sehat maka kesempatan main gadget akan lebih lama.

Di atas tadi adalah sedikit bahasan tentang garam, semoga bermanfaat.

Andre ,

Andre ,

Orang yang sedikit nyentrik
Menyukai kuliner dan peduli dengan kandungan gizi makanan
Andre ,
%d blogger menyukai ini: