Browse By

french fries mantang sebagai alternatif french fries kentang

Bagi penggemar cemilan tentu sangat familiar dengan french fries kentang, kami mengusulkan alternatif lebih sehat yaitu french fries mantang. Tentu menikmati french fries sambil nonton sangat asik, tetapi ahli kesehatan menyatakan makanan ini bisa menyebabkan kegemukan dan masalah kesehatan. Untuk alternatif yang lebih sehat kita sediakan resep french fries mantang yang lebih sehat. Mungkin lebih pantas disebut mantang iris tipis yang dipanggang, karena pada resep ini tidak ada proses pengorengan (fries dari kata  goreng). Tetapi karena sudah dikenal dengan sebutan french fries maka kita teap pakai french fries mantang, berikut ini resepnya.

BAHAN BAHAN UNTUK MEMBUAT FRENCH FRIES MANTANG

Sweet potato white and purple stripe variant/ mantang ungu putih

Bahan utama adalah pastinya mantang, bisa menggunakan mantang ungu , putih, atau kuning. Mantang putih paling mudah ditemui di pasar danharganya dipasar tradisinal cukup murah. Tetapi jika memiliki akses maka menggunakan mantang ungu atau kuning juga akan memberi pengalaman warna yang menarik. Selain dari manfaat kesehatan dari mantang yang memberi nilai tambah, rasa dari mantang tidak kalah dari kentang.

Selain mantang bahan lain yang dibutuhkan adalah minyak, garam, merica, dan bubuk cabe. Minyak yang digunakan bisa minyak goreng biasa, tetapi kalau ingin lebih sehat bisa menggunakan minyak kacang atau minyak zaitun.

METODE PEMBUATAN FRENCH FRIES MANTANG

Metode pembuatannya cukup sederhana, hanya saja untuk membuat resep ini membutuhkan sebuah oven untuk memanggang. berikut langkah-langkah proses pembuatannya:

    • Pertama cuci dan bersihkan mantang, kupas kulitnya.
    • Potong mantang menjadi bentuk panjang dan pipih dan rendam dalam air garam (larutkan 2-3 sendok makan garam dalam satu baskom kecil air), biarkan beberapa menit.

White and purple sweet potato/mantang putih ungu yang dipotong untuk french fries mantang

      • Tiriskan potongan mantang, kemudian tambahkan sedikit minyak, garam, merica, dan bubuk cabai (bumbu sesuai selera) setelah itu diaduk. Letakkan mantang yang sudah diaduk dengan bumbu diatas loyang. Perhatikan agar tidak ada mantang yang bertumpuk karena akan mempengaruhi kematangan.

White and purple sweet potato fries ready to bake/mantang putih ungu dalam bentuk french fries mantang yang sudah dibumbui

  • Panaskan oven 200 derajat celcius, kemudian masukkan mantang yang sudah ditaruh di loyang ke dalam oven selama 20 sampai 30 menit (waktu memanggang tergantung besar potongan mantang). Angkat pada saat mantang menunjukkan warna berubah kecoklatan.
  • Setelah dikelurkan dari oven, biarkan sejenak agar dingin, setelah dingin maka french fries siap disajikan.

French Friesgambar french fries kentang diatas ini cuma perbandingan, bagaimana french fries dari mantang tidak kalah bukan dari segi penampilan? Menurut saya french fries mantang puting ungu diatas lebih berwarna dan sehat sih. Demikian resep french fries mantang ala makan tidur gadget, semoga bermanfaat.

Andre ,

Andre ,

Orang yang sedikit nyentrik
Menyukai kuliner dan peduli dengan kandungan gizi makanan
Andre ,

Latest posts by Andre , (see all)

%d blogger menyukai ini: