Browse By

Cuka apel dalam variasi minuman sehat

Tentunya kita sudah sering mendengar khasiat kesehatan dari meminum cuka apel secara rutin. Bahkan selain meningkatkan kesehatan tubuh banyak yang meyakini minum cuka apel secara teratur akan membantu menurunkan berat badan. Nah untuk membuat meminum cuka apel menjadi rutinitas yang menyenangkan caranya dalah dengan mencampurkannya ke dalam minuman lain.

Menambahkan cuka apel ke dalam jus buah

Dragon fruit juice/jus buah nagaGuava juice/jus jambu biji
Salah satu metode yang mudah adalah menambahkannya pada jus buah, seperti jus buah naga atau jus jambu. Cukup dengan menambahkan 2 sendok makan cuka apel dalam satu gelas jus buah lalu diaduk. Jika rasa menjadi terlalu asam bisa diseimbangkan dengan menambahkan madu atau kurma pada saat membuat jus.

Buat yang merasa kerepotan dengan harus membuat jus sendiri, anda tidak perlu kuatir, tinggal beli saja jus yang sudah di kemas di minimarket atau supermarket terdekat. Dan campurkan setelah jus dituangkan ke gelas.

Menambahkan cuka apel dalam minuman jeruk nipis

Pertama kita buat minuman jeruk nipis  dengan memeras 1-2 jeruk nipis dan tambahkan dalam satu gelas air. Kemudian tambahkan madu sesuai selera (biasanya satu sendok makan sudah cukup). Dan terakhir masukkan dua sendok makan cuka apel lalu diaduk. Selain segar minuman ini  bagus buat diet.

Mungkin membuat sendiri sari jeruk nipis agak memrepotkan bagi sebagian orang, walaupun lebih sehat dengan metode seperti itu. Sari jeruk nipis yang digunakn bisa digantikan dengan sari jeruk nipis yang sudah dalam kemasan, dengan begitu tidak perlu repot lagi.

Menambahkan cuka apel ke dalam berbagai minuman sari buah dan ekstrak sayuran

Minuman sari buah berbeda dengan minuman rasa buah. Minuman sari buah dibuat dari ekstrak buah sedangkan minuman rasa buah menggunakan bahan perberi rasa yang mirip dengan rasa  buah. Menurut saya minuman sari buah lebih sehat, karena dibuat dari ektrak buah. Di Indonesia ada bebagia macam minuman sari buah, mulai dari markisa, terong belanda, buah delima, kedongdong, dan lainnya. Sari buah juga berbeda dari jus buah karena biasanya pada sari buah proses pengolahannya lebih panjang. Selain itu sari buah juga biasa berbentuk konsentrat sehingga perlu diencerkan sebelum dikonsumsi.

Ekstrak sayuran juga sudah banyak yang dibuat dalam kemasan. Sehingga kita bisa mengkonsumsi sayuran lebih mudah. Bagi orang yang kurang menggemari sayuran tapi memahami kebutuhan tubuh akan sayuran ini amat membantu.

Prosedur menambahkannya sama dengan diatas, pertama encerkan atau tuangkan minuman sari buah atau ekstrak sayuran sesuai petunjuk kemasan dalam gelas. Kemudian tambahkan 2 sendok makan cuka apel dan aduk, siap dikonsumsi.
Cuka apel / apple cider vinegarGambar diatas adalah produk lokal yang berlogo organik. Sekali lagi ini bukan promosi (Kalau produsen berniat tentu kita juga mau kerjasama). Kebetulan produk ini lokal dan berlogo organik sehingga lebih sehat. Kita harus mndukung produk dalam negeri.
Setelah melihat banyaknya pilihan minuman yang dapat dicampurkan cuka apel di atas maka akan membuat cara meminumnya menjadi bervariasi. Satu hal lagi yang perlu diperhatikan, sebaiknya mengunakan sedotan saat meminum minuman cuka apel. Atau sikat gigi dan berkumur setelah meminumnya tanpa sedotan kareana asam pada cuka apel kurang bersahabat dengan gigi jika bersentuhan langsung. Sekian tips ala makan tidur gadget, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Andre ,

Andre ,

Orang yang sedikit nyentrik
Menyukai kuliner dan peduli dengan kandungan gizi makanan
Andre ,
%d blogger menyukai ini: