Browse By

Tips Bermain Pokemon Duel bagi Pemula

Pokemon Duel adalah game terbaru dari The Pokemon Company. Ini merupakan perpaduan antara board game dan permainan kartu yang menggunakan figure. Ada berbagai jenis dan efek yang dapat mengubah hasil pertandingan. Tentu saja ada Pokemon yang kamu bisa dapatkan, tapi saya akan bahas itu nanti. Berikut ini Tips bermain Pokemon Duel bagi pemula.

Tips Bermain Pokemon Duel – Dasar permainan

tips bermain pokemon duel 1

Pokemon Duel adalah game dimana kamu harus menaruh figure pokemon di atas papan permainan dan menggerakkan mereka ke Goal point musuh. Setiap pokemon memiliki jurus masing-masing. Pada setiap awal giliran, kamu bisa menaruh figure pada salah satu entry point. Berbentuk pokeball yang ada di pojok kiri dan kanan papan permainan.

Setiap figure juga memiliki MP yang mewakili berapa jauh di dapat bergerak. MP berkurang 1 pada giliran pertama. Misal : figure dengan 3 MP bisa bergerak 3 langkah, tapi pada giliran pertama hanya bisa 2.

Kamu menang jika figuremu tiba di Goal Point musuh. Dan kalah jika musuh menaruh figurenya di goal pointmu. Setiap pokemonmu berhadapan dengan pokemon lawan kamu tidak bisa langsung melaluinya. Ada dua pilihan, memutar jalan atau bertarung.

Tips Bermain Pokemon Duel – Battle

Saya akan menjelaskan bagaimana pertarungan akan terjadi.

Pertarungan terdiri dari memutar sebuah data disk yang akan menentukan bagaimana pokemonmu akan menyerang. Jika damage seranganmu lebih besar dari pokemon lawan, pokemon lawan akan KO. Jika angkanya sama, maka akan draw dan keduanya tetap berada ditempat. Jika pokemon lawan dikeroyok dari dua sisi, maka secara otomatis  akan KO.tips bermain pokemon duel serangan

Jika pokemon KO, akan dikirim ke pokemon center. Maximal 2 pokemon yang boleh berada di pokemon center. Saat pokemon ketiga KO, pokemon pertama yang masuk pokemon center akan hidup kembali. Pokemon yang baru dihidupkan harus menunggu satu giliran sebelum bisa digunakan kembali.

  • Serangan berwarna biru akan melindungi pokemonmu dari KO atau abnormal status.
  • Serangan berwarna ungu memiliki bintang. Serangan jenis ini selalu mengalahkan serangan berwarna putih. Jika serangannya sama-sama berwarna ungu, bintang yang lebih banyak yang menang. Serangan ungu merupakan status efek dan tidak menghasilkan damage, jadi tidak akan mengKO pokemon.
  • Merah artinya miss, yang artinya tidak melakukan apapun terhadap lawan, apapun selain miss akan mengalahkannya.
  • Serangan berwarna emas sama dengan serangan putih, tapi akan mengalahkan serangan ungu.
  • Beberapa serangan bisa digunakan dari jarak jauh.

Plate

Plate adalah kartu yang bisa kamu gunakan di awal giliran. Bisa dibilang ini seperti item jika kamu sering bermain pokemon di handheld. Misal : max revive, x attack, dan awakening. Mereka hanya bertahan 1 giliran, jadi gunakan dengan bijak.

Deck

tips bermain pokemon duel deck

Deckmu terdiri dari figure dan plate yang akan kamu gunakan dalam battle. Maximal 6 pokemon dan 6 plate dalam satu deck. Kamu tidak bisa memiliki 3 dari spesies yang sama. Variasikan figure dan plate agar kamu mampu menghadapi berbagai macam situasi. Jika kamu memiliki base dan evolusi dari sebuah pokemon, kamu bisa evolusi di tengah pertempuran.

Untuk mengevolusi, kamu pertama-tama harus memilih base pokemon di deck, lalu pilih bentuk evolusi yang diinginkan. Dan jika kamu berevolusi, serangan putih dan emas akan mendapat bonus +10 dan serangan ungu +1 bintang. Maximal kamu dapat memiliki 6 evolusi di dalam deck.

Status

Ada 7 status dalam game :

  • Poison – damage berkurang 20
  • Noxious – damage berkurang 40
  • Sleep – tidak bisa melakukan hal lain selain bergerak
  • Frozen – tidak bisa apa-apa dan attack selalu miss
  • Paralysis – membuat salah satu attack menjadi memiliki bagian miss. Artinya miss akan terjadi lebih sering
  • Burn – sama dengan paralysis dengan tambahan menerima 10 damage tiap giliran
  • Confusion – Mengubah serangan menjadi yang di sebelahnya searah jarum jam. Misal : putaran disk mendarat di tackle dan di sebelahnya ada miss, maka akan miss

Mode permainan

Ada 4 mode permainan League Match, Room Match, Training, dan Quest.

tips bermain pokemon duel training

  • League Match – ini adalah pertandingan antara pemain dengan rangking yang sama. Akan berpengaruh terhadap ratingmu
  • Room Match – ini adalah pertandingan yang bisa kamu create atau join dan tidak berpengaruh terhadap ratingmu
  • Training – ini adalah latihan dimana kamu bisa mendapatkan gem dan belajar teknik yang lebih advance
  • Quest – adalah story mode dimana kamu bisa mendapat exp, coin, dan masih banyak lagi dengan bertarung melawan AI. Mirip seperti Training kamu juga akan mendapat gem dengan menyelesaikan tantangan dalam setiap duel

Booster

Booster adalah sesuatu yang memberimu pokemon figure dan plate. Ada beberapa cara untuk mendapatkannya.

  • Locked Booster – Kamu bisa mendapatkannya sekali sehari dengan mengumpulkan 10 key fragment. Kamu mendapat fragment dengan bermain league match. Kalah dapat 1 dan menang dapat 3.
  • Time Booster – Kamu mendapatkannya dengan memenangkan league match. Kamu harus menunggu sejangka waktu untuk membukanya.
  • Shop Booster – Kamu bisa mendapatkannya melalui membeli di toko menggunakan gem.

Kira-kira inilah tips bermain pokemon duel bagi pemula. Kamu bisa download game ini di App Store atau Google Play Store. Tuliskan di komentar jika kamu memiliki pertanyaan.

ikutilah aku

yerimia

Seseorang yang lebih menyukai gadget daripada makan 3 kali sehari.
Sekarang, dia sedang mengemban tugas suci untuk membuka mata para pembaca mengenai gadget dan game.
ikutilah aku
%d blogger menyukai ini: