Browse By

Resep Smoothies Pisang (bagian 1)

Smoothies adalah jus bahan makanan yang memiliki konsistensi lembut (smooth) dan kental. Pada kesempatan ini yang kita bahas adalah smoothies pisang. Smoothies pisang merupakan salah satu cara efektif (juga lezat) untuk menggunakan pisang yang kelewat matang, pisang yang masih belum kelewat matang juga bisa digunakan . Jika pisang yang ada di rumah sudah lewat masa optimalnya maka teksturnya akan melunak dan rasanya kurang menarik untuk dinikmati. Pisang yang kelewat matang ini bisa disimpan di freezer untuk kemudian diolah lebih lanjut, salah satunya menjadi smoothies pisang.

Smoothies Pisang dasar

Pisang (bahan smoothies pisang)Susu (bahan smoothies pisang)

Untuk resep pertama ini adalah yang paling sederhana yaitu 1 buah pisang dan 1 satu gelas susu. Pisang yang digunakan sebaiknya  dipotong-potong dan dibekukan, tetapi jika tidak suka minuman dingin maka boleh juga menggunakan pisang tanpa dibekukan. Jika pisang dibekukan lebih dahulu maka sebaiknya memang dipotong agak kecil ukurannya untuk memudahkan kerja blender dan tidak terpental saat diblender ! Dari pengalaman pribadi pisang yang terpental membuat kondisi jadi berantakan. Mengenai susu yang digunakan biasanya susu sapi tapi dapat diganti dengan susu kedelai, susu almond atau susu kacang mede, juga yogurt.

Untuk resep satu ini kita hanya perlu masukan bahan dalam blender dan blender sampai halus. Sangat sederhana sampai-sampai saya merasa ini tidak pantas disebut resep. Tetapi bagaimanapun hasilnya  cepat dan enak tentunya, jadi tidak ada salahnya memasukkan ini sebagai salah satu resep. Ini video yang saya buat untuk membuktikan cepatnya membuat smoothies pisang.

Smoothies Pisang wortel tomat

Resep selanjutnya kita dedikasikan untuk mensuplai sebagian vitamin A dan juga lycopen ke dalam menu makanan sehari hari. Bagi beberapa orang mengkonsumsi sayuran ini dalah hal yang tidak digemari, sehingga ini adalah salah satu cara untuk mengkonsumsinya dengan lebih nikmat. Untuk orang orang yang kurang menggemari sayur maka rasio jumlah pisangnya bisa ditambahkan sehingga rasa sayurannya menjadi tidak terlalu dominan. Maka pada resep ini kita tidak menggunakan satu buah pisang, melainkan dua buah pisang.

Bahan:

  • 2 buah pisang yang sudah dipotong dan dibekukan
  • 1 buah wortel yang sudah dicuci dan dipotong
  • 1 buah tomat
  • 1 gelas susu atau susu kedelai

cara membuatnya tentu masukkan dalam blender dan blender sampai halus (sekitar 2-3 menit, tergantung blender yang digunakan). Konsumsi segera setelah dibuat karena kondisinya akan lebih segar.

smoothies pisang kopi untuk sarapan

ini adalah resep yang memudahkan kita untuk sarapan dengan cepat, buat orang yang terburu-buru berangkat kerja atau sekolah, kita bisa membuat ini pada malam harinya dan disimpan di kulkas. Kalau bisa gunakan wadah tertutup seperti toples kaca untuk menyimpanya di kulkas.  Resep ini bisa menjadi alternatif variasi menu sarapan.

bahan:

  • 1 buah pisang yang dipotong dan dibekukan atau yang belum dibekukan
  • 2 potong singkong rebus (potongan sedang sekitar 5 cm yang sumbunya sudah dibuang)
  • 4 sendok makan oat ( oat tipe apa saja boleh)
  • 50 gram gula jawa atau kurma untuk memberi rasa manis
  • 1 1/2  atau 2 gelas susu kedelai atau susu sapi ( susu yang digunakan agak lebih banyak supaya tidak terlalu kental)
  • 1/2 sendok makan kopi bubuk

cara membuatnya tentu masukkan dalam blender dan blender sampai halus (sekitar 4-5 menit, agak lama karena bahan padat yang digunakan cukup banyak).

Smoothies Pisang temulawak beras hitam

Resep ini dibuat untuk menjadi salah satu cara mengkonsumsi temulawak, temulawak sendiri sudah dikenal sebagai bahan jamu yang berkhasiat untuk kesehatan. Pada resep ini ditambahkan juga nasi beras hitam, bisa juga diganti nasi beras merah jika tidak ada atau tanpa penambahan nasi juga tidak apa. Nasi ditambahan disini supaya smoothies lebih kental dan mengenyangkan. Selain itu ini juga bisa menjadi salah satu cara makan nasi beras merah atau hitam yang menyenagkan karena biasanya kedua jenis beras ini biasa untuk dikonsumsi.

bahan:

  • 1 buah pisang yang dipotong dan dibekukan atau yang belum dibekukan
  • 2 sendok makan ekstrak temulawak atau dua sampai tiga ruas temulawak segar yang dikupas kulitnya
  • 3-5 sendok makan beras hitam/merah
  • separuh bagian buah jeruk yang sudah dikupas dan dibuang bijinya atau perasannya
  • 1 gelas susu sapi atau susu kedelai

cara membuatnya tentu masukkan dalam blender dan blender sampai halus (sekitar 4-5 menit, agak lama karena bahan padat yang digunakan cukup banyak).

[interaction id=”588c731bc944c7013e509410″]

Untuk bahan baku seperti susu maka seperti dijelaskan diatas maka alternatif lain seperti susu kedelai, susu almond, susu mede, susu tempe, atau yogurt dan lainnya bisa digunakan. Untuk pisang yang digunakan biasanya pisang yang kelewat matang karena biasanya lebih manis. Jika smoothies dianggap kurang manis kita bisa tambahkan gula aren atau untuk pemanis alternatif yang lebih sehat yang mungkin digunkan juga ada seperti madu, kurma, stevia bubuk dan lainnya.

[interaction id=”588c74fc10adc42b1ff33bcc”]

Diatas sudah dituliskan 4 resep smoothies pisang, sebenarnya dari resep dasar bisa divariasikan macam-macam tergantung kreativitas dan ketersedian bahan. Jadi silahkan mencoba membuat dengan variasi anda sendiri atau jika memungkinkan maka saya akan merilis lagi resep lanjutan. Selamat mencoba.

Andre ,

Andre ,

Orang yang sedikit nyentrik
Menyukai kuliner dan peduli dengan kandungan gizi makanan
Andre ,

One thought on “Resep Smoothies Pisang (bagian 1)”

  1. Pingback: Yerimia , (yerimia) | Pearltrees
  2. Trackback: Yerimia , (yerimia) | Pearltrees

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: