Browse By

Sebelum Membeli Drone, beberapa hal yang perlu diperhatikan

Apa kamu berpikir untuk membeli sebuah drone? Mungkin kamu sudah memilih model quadcopter yang keren atau action kamera berkualitas tinggi untuk mengambil foto lingkungan sekitar. Tapi apa kamu sudah memikirkannya dari aspek hukum? Apa kamu tahu di area mana saja kamu boleh menerbangkannya? Berikut hal yang perlu kamu tahu sebelum membeli drone.

Peraturan pemerintah, sebelum membeli drone

Hanya karena kamu melihat sebuah drone keren dan uang yang cukup bukan berarti kamu siap untuk membeli drone. Pemerintah memiliki ketentuan hukum yang harus kamu patuhi jika ingin menerbangkan drone di Indonesia. Lebih lengkapnya bisa dilihat disini.

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah dronemu harus berada dalam jarak pandangmu ketika terbang. Kamu juga tidak boleh terbang dengan kecepatan tinggi dan ketinggian lebih dari 500 meter. Perhatikan juga cuaca, terbangkan saat cuaca cerah saja. Lalu terakhir, bagi kamu yang menggunakan drone untuk fotografi, jangan memfoto orang dengan sembarangan tanpa seijin orang tersebut.

Sebagai tambahan, drone boleh dioperasikan di atas ketinggian 500 meter dengan izin yang diberikan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dalam hal kondisi khusus. Seperti patroli batas wilayah negara, pengamatan cuaca dan pemetaan.

sebelum membeli drone main

Untuk drone berkamera yang ingin digunakan untuk keperluan pemotretan, perfilman, dan pemetaan. Harus disertai surat izin dari institusi yang berwenang dan Pemerintah Daerah yang wilayahnya akan dipotret, difilmkan, atau dipetakan.

Peraturan Lokal

Peraturan Menteri bukanlah satu-satunya yang menentukan bagaimana menggunakan drone. Pemerintah Provinsi dan kabupaten juga mulai menyesuaikan diri dengan waktu dan mengadapatasikan peraturan daerah terhadap drone. Jadi kamu perlu mengecek peraturan daerahmu sebelum membeli drone dan menerbangkannya, apapun alasannya.

Regulasi asuransi

Untuk saat ini, pemerintah belum menentukan bahwa operator drone perlu untuk memiliki asuransi, baik untuk pengguna komersil atau sekedar hobi. Misalnya, asuransi rumahmu sepertinya belum mengcover kerusakan yang ditimbulkan oleh drone. Untuk penggunaan komersil, sangat memungkinkan bahwa kustomer dan partnermu akan inginĀ  melihat bukti bahwa dronemu sudah di asuransikan.

[interaction id=”588a7dc7c944c7013e508ff8″]

Apakah di kota atau daerahmu ada peraturan khusus mengenai drone? Apa kamu sudah memeriksanya? Tuliskan di kolom komentar.

ikutilah aku

yerimia

Seseorang yang lebih menyukai gadget daripada makan 3 kali sehari.
Sekarang, dia sedang mengemban tugas suci untuk membuka mata para pembaca mengenai gadget dan game.
ikutilah aku
%d blogger menyukai ini: