Browse By

Clear app cache vs Clear app data, Apa Bedanya?

Setiap orang yang pernah menemui masalah pada aplikasi android biasanya disarankan untuk “ clear app data “ atau “ clear app cache “. Dua hal tersebut merupakan obat yang mujarab bagi android, tapi apa perbedaan di antara keduanya? Biarkan saya menjelaskannya.

Apa itu Clear app cache?

clear app data 3

Cache adalah area temporer pada storage yang menyimpan sejenis data. Tujuannya adalah untuk mempercepat dan memperlancar pengoperasian perangkat serta mengurangi jumlah data yang diproses dan diolah.

Setelah me-restart ponselmu, apa kamu pernah memperhatikan aplikasi kamera agak lambat ketika dibuka pertama kalinya, dan percobaan berikutnya terasa lebih cepat? Peningkatan pada kecepatan ini diakibatkan oleh cache. Pada hal yang sama, mungkin kamu menyadari bahwa website lebih cepat loadingnya ketika kamu buka untuk kesekian kalinya. Ini juga dikarenakan sebagian file seperti gambar disimpan di cache.

Seringkali kita tidak perlu mengatur cache secara manual, Android sudah cukup pintar untuk melakukannya sendiri. Namun, jika aplikasi mulai bertingkah aneh atau berhenti mendadak, maka kamu perlu melakukannya secara manual.

Saat kamu memilih clear app cache, kamu menghapus file temporer yang ada disana, dan kamu akan terkejut dengan betapa manjurnya cara ini. Perlu diperhatikan juga bahwa, melakukan hal ini tidak akan menjamin performa yang lebih cepat, dan aplikasi akan berjalan agak lambat ketika dibuka untuk penggunaan kali pertama.

Apa itu Clear app data?

clear app

Clear app data adalah langkah yang lebih ekstrim. Cache dapat dibersihkan dengan sedikit resiko pada setting aplikasi dan preferensi, sementara clear app data akan menghapus ini semua.

Cara ini akan mereset aplikasi ke settingan awal. Ini akan membuat aplikasimu amnesia, seperti kamu pertama kali mengsintallnya. Misalnya, kamu mengubah settingan awal pada aplikasi fitnesmu. Kamu mengubah panjang durasi dan suara. Clear cache tidak akan merubah settingan ini. Clear data akan membersihkan semuanya.

Kapan mereka harus digunakan?

Ada beberapa kondisi dimana kamu memerlukan clear app data atau cache. Pertama, untuk melonggarkan storage. Beberapa aplikasi terkadang menghabiskan gigabyte penting data yang tidak kamu perlukan ( biasanya podcast ). Dalam kasus ini, kamu harus clear app cache.

Dan satu lagi yang paling umum terjadi adalah, mereset aplikasi yang bermasalah, entah mengganggu atau memiliki banyak bug.

Bagaimana melakukannya?

clar app data cache

Prosesnya sedikit berbeda pada setiap perangkat, tapi pada umumnya mirip dengan langkah berikut ini.

  • Masuk ke setting/pengaturan
  • Pilih aplikasi
  • Pilih ke tab ‘All’ atau ‘semua’
  • Pilih aplikasi target
  • Nah, pada halaman aplikasi, kamu bisa memilih antara clear app data atau clear app cache, tergantung pada kebutuhanmu.

Pesan saya terhadap aplikasi yang menjanjikan “ mempercepat kinerja “

Banyak aplikasi yang mengklaim bisa mempercepat kinerja ponsel, tapi biasanya hanya bohong belaka. Dalam banyak kasus yang saya temui, aplikasi ini hanya menyediakan satu tombol untuk menghentikan proses dan clear cache, yang sangat tidak dibutuhkan pada platform android kekinian. Kamu bisa melakakukannya sendiri bila perlu, hanya jika dibutuhkan.

Akhir kata

Tidak ada kata “ Benar “ atau “ Salah “ dalam clear cache dan data. Masing-masing memiliki fungsinya sendiri.

Langkah pertama yang kamu butuhkan ketika bertemu dengan aplikasi yang bermasalah adalah celar app cache, karena cara ini tidak terlalu intrusif. Jika tidak berhasil, atau kamu ingin mengosongkan storage, maka gunakan clear app data. Perlu diingat bahwa, file apapun yang tersimpan pada aplikasi, termasuk audio, video, atau foto, akan terhapus juga.

Apa artikel ini sudah menghilangkan kebingunganmu? Jika tidak, tuliskanlah di komentar.

ikutilah aku

yerimia

Seseorang yang lebih menyukai gadget daripada makan 3 kali sehari.
Sekarang, dia sedang mengemban tugas suci untuk membuka mata para pembaca mengenai gadget dan game.
ikutilah aku
%d blogger menyukai ini: