Browse By

3 Alasan tidak menggunakan Cloud storage

Terkadang beberapa pengguna membutuhkan banyak storage bagi gadgetnya, dan sebagian lebih memilih cloud storage. Dan menurut saya, cloud storage tidak sesempurna yang kita bayangkan. Bahkan terkadang menimbulkan masalah baru yang lebih buruk. Kali ini saya akan jelaskan beberapa alasan untuk tidak menggunakan Cloud Storage.

Tapi, sebelum kita mulai, saya perlu mengklarifikasi satu hal, saya tidak membenci cloud storage. Cloud storage lebih besar daripada kartu memori ataupun bentuk penyimpanan fisik lainnya. Meskipun begitu, saya tetap berusaha untuk menggunakannya sesedikit mungkin dan saya akan jelaskan kenapa.

Argumen yang ditulis dalam artikel ini adalah pandangan saya secara personal, dan mungkin berbeda bagi beberapa orang. Dan, sangat mungkin bahwa artikel ini tidak sesuai denganmu, jika demikian jangan ragu untuk menuliskannya di komentar.

Orang lain punya akses terhadap Cloud Storage saya

cloud storage main

Secara definisi, data pribadiku adalah milikku seorang. Mengapa aku harus membaginya dengan orang lain? Bisa dikatakan bahwa orang-orang yang bertanggung jawab atas cloud memang memiliki hal yang lebih penting untuk dilakukan daripada hanya sekedar melihat-lihat file yang kita upload, dan dalam kenyataannya … itu benar. Meskipun begitu, konsepnya tetap sama, seseorang selain diriku punya akses terhadap dataku.

Sangat menyedihkan karena teknologi memaksa kita, mau atau tidak, untuk meninggalkan privasi kita. Padahal seharusnya seseorang menjadi pemilik tunggal dari data mereka. Tapi seiring berjalannya waktu, kita terseret oleh kilauan keajaiban teknologi yang berujung pada ketidaknyamanan.

Tidak terlalu dibutuhkan

cloud storage microsd

Mengingat apa yang saya lakukan dengan ponsel pintar, microSD card sudah mencukupi itu semua. Hanya mengambil beberapa foto dan screenshot game tidaklah cukup untuk memenuhi 32GB internal memory ditambah microSD. Dan untuk saat ini, saya belum perlu gigabyte tambahan.

Tapi di luar sana, ada banyak orang yang mengambil, ratusan bahkan ribuan foto dan video. Tanpa alasan yang jelas, tidak pernah melihatnya, dan tidak juga menghapusnya. Orang-orang ini sangat perlu storage tambahan, dan jika tidak ingin membeli kartu memori tambahan, berujung pada cloud storage. Disinilah Cloud storage memberikan keuntungan signifikan, dan harganya juga relatif lebih murah. ( bahkan terkadang gratisan )

Selalu ada masalah keamanan

cloud storage stolen phone

Seperti yang tadi saya katakan, saya tidak setuju dengan ide bahwa dataku dikelola oleh sebuah platform yang tidak bisa saya kendalikan. Hanya diperlukan satu orang untuk menghancurkannya. Tapi dalam kasus dimana ponselmu dicuri atau hilang, hanya kamu yang terkena imbasnya.

Hacking sudah menjadi semacam sebuah salam di internet, baik dalam skala kecil maupun besar. Melalui phishing atau cara lain, selalu ada jalan bagi orang untuk mencuri passwordmu. Yang artinya itu adalah tanggung jawabmu untuk membuatnya serumit mungkin.

Tapi kamu tidak hanya berisiko kehilangan data yang disimpan dalam cloud, tapi juga kehilangan privasi. Kamu mungkin bisa mengatakan tidak ada file yang perlu disembunyikan, tapi bagi kebanyakan orang tidaklah demikian. Apa kamu masih ingat apa yang terjadi dengan Apple Cloud ? banyak informasi dan data yang bocor. Mereka memperbaiki masalahnya dan berkata tidak akan terjadi lagi ? Saya … tidak yakin.

Satu hal yang pasti, apapun yang kamu lakukan, sangat sulit untuk terlepas dari cloud. Hari ini mustahil untuk menghindar, bahkan saya menggunakan cloud storage, meskipun tidak sering. Saya hanya akan menghimbau kamu untuk memperhatikan data apa yang kamu simpan disitu, terlebih jika itu adalah data rekening bankmu atau data penting lainnya.

Apa kamu rasa cloud storage adalah sebuah tempat penyimpanan yang aman? Mungkin ada poin yang terlewatkan olehku dan Cloud adalah sebuah keajaiban teknologi.

ikutilah aku

yerimia

Seseorang yang lebih menyukai gadget daripada makan 3 kali sehari.
Sekarang, dia sedang mengemban tugas suci untuk membuka mata para pembaca mengenai gadget dan game.
ikutilah aku
%d blogger menyukai ini: