Browse By

6 Green Teknologi Penghasil Air Bersih

Satu dari sepuluh orang di dunia kekurangan akses terhadap air bersih. Dalam menghadapi masalah tersebut, ilmuwan di seluruh dunia sudah mengembangkan berbagai macam gadget, besar maupun kecil, untuk menghasilkan air bersih. Setiap tahun, ada inovasi yang bertujuan untuk mencapai hal tersebut dengan lebih efisien, murah dan portable, sekaligus bisa memproduksi cukup untuk 663 juta orang yang kekurangan air bersih. Solusinya mulai dari condensasi untuk memanen air dari udara yang tipis, mengubah air laut menjadi air layak minum, atau membagikan UV light purification chip yang bisa digunakan di rumah-rumah. Hanya sedikit dari teknologi ini yang bekerja di luar laboratorium, tapi mereka sudah menghasilkan milyaran galon air bersih.

Warka Water Tower

air bersih warka water towerair bersih warka water tower 2Butuh waktu beberapa tahun agar warka water tower terealisasi, tapi akhirnya awal tahun ini dibangun pertama kali di pinggiran ethiopia dan mulai memanen air dari udara yang tipis. Berbentuk silinder yang dibuat dari bambu yang dibungkus dengan recycled mesh. Tower ini juga memiliki kanopi yang berbentuk seperti rok bagi penduduk lokal agar bisa berteduh sambil mengambil air dari tower. Warka water tower akan diproduksi secara masal mulai tahun 2019.

Tiny UV Water Purifier

air besih tiny uv water purifier

Orang yang kekurangan air bersih tidak semuanya tinggal di daerah gersang. Terkadang, ada banyak air di sekitar, tapi tidak setetes pun dapat diminum karena kontaminasi dari polusi atau masalah lingkungan. Water purification system terkadang mahal dan prosesnya lama, tapi peneliti di standford university dan SLAC national accelerator laboratory berhasil mengembangkan sebuah UV water purifier berbentuk kotak hitam kecil. Meskipun gadget ini masih berupa prototipe, tapi ini adalah sebuah kemajuan besar untuk membuat air kotor menjadi bersih.

The Pipe, Floating Desalination Plant Bertenaga Matahari

air bersih the pipe 1

Adalah sebuah proyek desalinasi baru di California, dinamakan The Pipe, membuat kejutan pada musim panas ini, dengan menjanjikan 1,5 milyar galon air bersih. Desalination Plant ini menggunakan metode electromagnetic desalination untuk mengubah air laut menjadi air bersih, menyaring garam dan mengembalikannya ke laut. The Pipe juga menarik perhatian karena desainnya, yang  lebih mirip karya seni daripada gadget industri.

air bersih the pipe 2

Fog harvester terbesar di dunia

air bersih moroko fog harvester

Fog harvester ini menggunakan pagar jaring besar untuk menangkap kabut di gurun moroko dan mengubahnya menjadi air bersih. Dengan permukaan seluas lebih dari 600 meter persegi, fog harvester ini dilaporkan telah memproduksi 17 galon air bersih siap minum per meter persegi dari luas jaring. Pompa tenaga matahari, bersama dengan pipa, mengalirkan air untuk 400 penduduk lokal, yang berjuang keras untuk mendapatkan air bersih di area gurun tersebut.

Nano Water Chip penghasil air bersih

air bersih nano water chip

Peneliti berusaha untuk menciptakan solusi bagi orang-orang yang kehausan dalam skala kecil, personal water purification. Pada 2014, team peneliti gabungan dari University of Texas dan University of Marburg di Jerman mengembangkan “ water-chip “ yang menghasilkan electrical field mini yang mendesalinasi air laut. Dalam awal pengembangannya, water chip ini berjanji untuk menawarkan solusi air bersih dan hanya perlu baterai biasa. Okeanos Technology, sebuah startup yang didirikan untuk mendanai riset dan pengembangan ini, sedang berjalan.

Carnegie Perth Wave Energy Project

air bersih Carnegie Perth wave energy peroject

Carnegie Perth Wave Energy Project memiliki tugas ganda, menghasilkan energi ramah lingkungan sambil mendesalinasi air laut. Gadget yang ngambang ini beroperasi di lepas pantai Perth di bagian barat Australia, dimana listrik ramah lingkungan merupakan prioritas. Gadget penghasil 240 kilowatt ini bekerja bertiga, terhubung dengan pompa hydraulic di dasar laut yang memompa air ke dalam turbin saat terkena ombak. System desalinasi yang menggunakan sebagian listrik yang dihasilkan untuk menghasilkan air bersih, dan sisa listrik yang dihasilkan tersebut akan dialirkan ke rumah penduduk di tepi pantai. Tujuan dari rencana besar Perth adalah untuk bergantung pada desalinasi untuk memproduksi air bersih jangka panjang bagi penduduk lokal.

ikutilah aku

yerimia

Seseorang yang lebih menyukai gadget daripada makan 3 kali sehari.
Sekarang, dia sedang mengemban tugas suci untuk membuka mata para pembaca mengenai gadget dan game.
ikutilah aku
%d blogger menyukai ini: