Browse By

Efek buruk terlalu banyak berolahraga

olahraga menjadi bagian yang sangat penting dari aktifitas sehari-hari, sehingga tampaknya kita juga harus benar-benar memahami akan pentingnya tubuh yang sehat. Dan walaupun kita sudah menyadari tentang pentingnya melakukan aktifitas olahraga, akan tetapi kita juga perlu mengetahui bahwa melakukan olahraga secara berlebihan bukanlah sesuatu yang baik dilakukan, apalagi sampai sangat sering dilakukan, justru olahraga yang berlebihan dapat membahayakan kondisi tubuh, dan juga mental.

Kapan olahraga dikatakan berlebihan?

Olahraga dapat dikatakan berlebihan jika dilakukan terlalu sering, dengan berkali-kali dalam sehari, seperti lebih dari dua kali. Demikian juga jika olahraga dilakukan dengan terlalu lama, hingga berjam-jam dalam setiap harinya, maka ini juga tidak baik. Dan sebagai ukuran yang pasti dari orang yang berlebihan dalam berolahraga, yaitu melakukan olahraga dengan melebihi batas kemampuan tubuhnya, sehingga olahraga tersebut justru berdampak buruk untuk tubuh.

 

Kamu sebenarnya dapat melakukan olahraga setiap harinya, tetapi direkomendasikan waktu berolahraga untuk setiap harinya adalah 30-50 menit, ukuran seperti ini masih tergolong normal, bahkan sangat baik dilakukan. Adapun olahraga yang dapat Kamu lakukan seperti aerobik, lari, jogging bersepeda, berenang, dan lainnya.

 

Tanda seseorang yang sudah berlebihan berolahraga

  • Akan mengalami kelelahan ketika melakukan suatu aktifitas, hal itu karena tubuh yang terlalu dipaksanya untuk berolahraga, atau berolahraga secara berlebihan sehingga mengakibatkan waktu agar tubuh dapat pulih kembali menjadi sangat lama.
  • Tubuh bukannya bertambah bugar, malah justru tampak mengalami jiwa yang tidak semangat, dan terlihat tidak bertenaga dan mudah lelah.
  • Orang yang kecanduan berolahraga (secara berlebihan) maka secara psikologis akan mengalami rasa selalu bersalah jika tidak berolahraga.
  • Terlihat memaksakan diri untuk olahraga yang berat, padahal sudah dalam keadaan lelah dan bahkan sudah mengalami pegal-pegal atau bahkan nyeri otot.
  • Mengalami cedera atau nyeri otot dalam waktu yang terlalu lama.
  • Jika pada wanita, maka mengalami gangguan menstruasi.
  • Mengalami susah tidur.
  • Peningkatan denyut jantung yang secara berlebihan ketika dalam keadaan normal, ini tidaklah baik.
  • Sering mengalami sakit kepala.
  • Mood menjadi gampang berubah, dan juga suka emosian.
  • Nafsu makan menjadi menurun terlalu parah.

 

Bahaya / dampak dari akibat olahraga secara berlebihan

Olahraga yang dilakukan dengan berlebihan, selain mengakibatkan tubuh nyeri atau bahkan sampai cedera fisik dan otot, juga dapat mengakibatkan terjadinya dehidrasi pada tubuh, mengalami insomnia, depresi, rasa lelah yang berlebihan dan juga dalam waktu terlalu lama, sehingga akan mengganggu aktifitas Kamu jadinya. Berikut di bawah ini penjelasannya secara lengkap.

 

  1. Cedera

Ini tentu sudah pasti, berolahraga secara berlebihan akan membuat tubuh menjadi kelelahan yang berlebihan, sehingga kita jadinya akan sangat mudah mengalami cedera. Yang paling berbahaya adalah sampai pada taraf tubuh keseleo hingga patah tulang. Atau minimalnya akan membuat tubuh menjadi nyeri otot, sehingga olahraga yang tujuannya menguatkan tubuh justru malah membuat kondisi tubuh menjadi buruk..

 

  1. Beresiko Gagal Jantung

Kelelahan karena olahraga yang berlebihan juga bisa membuat jantung menjadi lemah, sehingga dapat meningkatkan resiko kerusakan pada jantung, untuk itu cukupi nutrisi sehari-hari Kamu.

 

  1. Sistem Kekebalan Tubuh menurun

Ketika tidur sebenarnya secara otomatis tubuh akan menjadi pulih kembali, akan tetapi jika Kamu olahraga terlalu lama maka mengakibatkan waktu beristirahat berkurang, disamping juga tubuh menjadi sangat lelah, sehingga dengan begitu sistem kekebalan tubuh juga menjadi melemah. Kamu dapat sangat mudah untuk terserang penyakit seperti batuk, nyeri kepala, demam, dan penyakit lainnya.

 

  1. Gangguan Menstruasi

Melakukan olahraga secara berlebihan juga menyebabkan berkurangnya lemak tubuh yang terlalu banyak. Apabila masalah seperti ini dialami oleh wanita, maka akan memberikan resiko gangguan menstruasi, dan jika hal seperti ini berlangsung dalam jangka waktu yang sangat lama maka akan dapat beresiko kemandulan pada wanita.

 

  1. Memicu radikal bebas

Terlalu lama olahraga juga dapat memicu terjadinya radikal bebas yang terjadi secara berlebihan, sehingga dengan begitu sangat berbahaya karena dapat meningkatkan resiko mutasi gen dan kanker.

 

  1. Mengalami sulit tidur

Jika kita berolahraga maka sangat bermanfaat agar kita dapat tidur lebih nyenyak, tetapi jika melakukan olahraga secara berlebihan justru akan membuat insomnia, atau sulit tidur, karena tubuh mengalami stress, serta menyebabkan pengeluaran kortisol, sehingga menjadi sulit untuk rileks yang membuat Kamu tidak dapat tidur.

 

  1. Depresi

Olahraga secara berlebihan tentu akan mengakibatkan depresi. Berbeda jika berolahraga dilakukan secara normal maka akan membuat kita menjadi lebih percaya diri, tetapi jika berolahraga berlebihan maka akan membuat kita menjadi sangat kelelahan, baik itu fisik maupun psikologis sehingga membuat orang tersebut mengalami depresi.

 

  1. Gangguan hubungan dengan orang lain

Point kedelapan ini juga tentu dapat saja terjadi, karena orang yang kecanduan untuk berolahraga maka waktunya habis untuk itu saja, sehingga membuatnya terisolasi dari keluarga bahkan teman-temannya, seperti tidak mau untuk menghadiri suatu acara atau undangan karena sangat ingin berolahraga. Sehingga walaupun Kamu memang orang yang rutin berolahraga tetapi sempatkan waktu untuk bersosialisasi dengan keluarga dan juga teman-teman.

 

  1. Gangguan Pekerjaan, sekolah dan aktifitas lainnya

Olahraga yang secara berlebihan mengakibatkan tubuh menjadi mudah lelah dan emosi tidak stabil, sehingga dapat membuat kita sulit berkonsentrasi baik dalam pekerjaan maupun tugas sekolah. Sebuah penelitian baru-baru ini menyatakan bahwa latihan ketahanan seperti marathon mengakibatkan kerusakan jantung dan ketidaknormalan pada ritme jantung. Batasan aman untuk berlatih marathon yaitu maksimal satu jam untuk setiap harinya.

 

Demikian beberapa hal buruk dari berolahraga dengan berlebihan, janganlah memaksakan diri untuk terus berolahraga ketika tubuh sudah kelelahan. Apabila timbul nyeri dan cedera ringan maka segera berhenti berolahraga. Jadi, olahraga harus dilakukan dengan tepat, dan juga waktu dan intensitas yang cukup, sehingga Kamu memperoleh manfaat dan terhindar dari bahaya yang dari olahraga yang berlebihan tersebut.

Sumber

ikutilah aku

yerimia

Seseorang yang lebih menyukai gadget daripada makan 3 kali sehari.
Sekarang, dia sedang mengemban tugas suci untuk membuka mata para pembaca mengenai gadget dan game.
ikutilah aku
%d blogger menyukai ini: