Browse By

Efek Positif dan Negatif makan “Pisang”

Dikarenakan Indonesia adalah negara yang beriklim tropis dan buah pisang banyak tumbuh di sekitar kita, maka buah ini merupakan salah satu buah favorit orang indonesia. Selain itu, pisang banyak dikonsumsi karena pakar kesehatan sering merekomendasikan kita untuk mengkonsumsinya. Dalam jumlah yang wajar, pisang memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Tapi hati-hati, jangan sampai terlalu berlebihan mengkonsumsinya. Nah, mari kita simak efek positif dan negatif mengkonsumsi buah pisang :

 

Positif

  1. Kaya akan vitamin A, C, dan B6 dalam pisang dapat meningkatkan daya tahan tubuh
  2. Karena Buah pisang mengandung tryptophan maka buah ini juga bermanfaat untuk memperbaiki mood, jadi kalau sedang galau makan saja pisang ( tapi jangan sambil gelantungan di pohon, hehehe)
  3. Mengandung Phytosterol yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh
  4. Kandungan serat (bahasa kerennya : Dietary Fiber) akan membantu memperlancar buang air besar
  5. Karbohidrat kompleks yang terkandung dalam pisang tidak akan menaikan kadar glukosa secara drastis, karena itu pisang sangat bermanfaat bagi kamu yang berusaha menurunkan berat badan (Dengan catatan bukan pisang goreng, kolak, atau banana milk shake)
  6. Zat besi yang terkandung di dalam pisang juga bermanfaat bagi kamu yang menderita anemia

 

Negatif

  1. Pisang memiliki kandungan Xenobiotik yang mempengaruhi keseimbangan hormon. Sehingga dapat mengakibatkan haid yang tidak teratur dan kelelahan yang tidak wajar.
  2. Tiramin yang terkandung dalam pisang dapat mengakibatkan penyempitan pembuluh darah, yang mengganggu kelancaran aliran darah.
  3. Bagi penderita diabetes sebaiknya juga berhati-hati dalam mengkonsumsi pisang, karena sebagian besar kalori yang terkandung dalam pisang adalah “gula”.

 

Disarankan hanya mengkonsumsi maksimal 3 buah pisang/hari. Dan lebih baik lagi juga untuk mengetahui kandungan gizi pisang secara menyeluruh.

Semoga setelah banyak orang membaca artikel ini, harga pisang tidak melonjak naik. (hehehe)

Sumber

ikutilah aku

yerimia

Seseorang yang lebih menyukai gadget daripada makan 3 kali sehari.
Sekarang, dia sedang mengemban tugas suci untuk membuka mata para pembaca mengenai gadget dan game.
ikutilah aku
%d blogger menyukai ini: